Dawainusa.com – Keriput merupakan salah satu masalah kecantikan yang menghantui kaum wanita. Tak heran jika produk anti-penuaan menjadi industri bernilai miliaran dolar.

Akan tetapi, banyak informasi keliru yang beredar seputar masalah kulit . Berikut lima di antaranya mitos yang banyak dipercaya seputar keriput.

1. Bisa Dilawan dengan Minum Banyak Air

Air tidak diragukan lagi sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi baik di dalam dan luar. Meminum cukup air sekitar delapan gelas sehari, secara substansial melembapkan kulit pada tingkat sel dan sedikit meningkatkan elastisitas.

Hasilnya, kulit tampak lebih muda dan bercahaya. Namun, bagaimana pun, keriput muncul seiring usia dan tidak ada jumlah H20 yang bisa mengubahnya.

2. Disebabkan oleh Kulit Kering

Kulit kering bisa membuat Anda tampak lebih tua karena menonjolkan garis-garis halus. Tetapi, kulit kering tidak benar-benar menyebabkan keriput.

Kabar baiknya, Anda bisa menanggulangi dehidrasi kulit secara mudah, dengan mengoleskan emollient berbasis hialuronat.

Kulit Kering Sebabkan Keriput
Instagram/@wulanguritno

Baca jugaRahasia Tampil Cantik di Usia 40 Tahun ke Atas

3. Bisa Diatasi dengan Senam Wajah

Menurut American Academy of Dermatology, senam wajah justru benar-benar membuat masalah menjadi lebih buruk. Ketika otot-otot digunakan, alur-alur terbentuk di bawah kulit.

Akhirnya, alur-alur ini berubah menjadi keriput tetap karena kulit kehilangan elastisitasnya (atau kemampuannya untuk bangkit kembali) dari waktu ke waktu.

4. Bisa Dicegah dengan Makan Ikan Berminyak

Penelitian selama berdekade-dekade menunjukkan bahwa makan ikan berminyak yang kaya akan omega-3, baik untuk jantung dan kesehatan secara keseluruhan.

Sedangkan untuk kulit, bagaimana pun, tidak ada bukti ilmiah bahwa mengkonsumsi asam lemak bisa memberikan manfaat.

5. Menarik Turun Kulit Bisa Sebabkan Keriput

Menarik mata ke bawah saat mengaplikasikan eyeliner atau meregangkan kulit ke bawah saat mengoleskan pelembap atau foundation, disebut bisa menyebabkan kerutan dini dan kendur permanen.

Faktanya, menarik kulit ke segala arah untuk jangka waktu yang singkat tidak akan menyebabkan keriput.*