Home Berita Selain TN Komodo, Ini 22 Taman Nasional yang Dibuka di Tengah Covid-19

Selain TN Komodo, Ini 22 Taman Nasional yang Dibuka di Tengah Covid-19

Ada 22 Taman Nasional di seluruh wilayah Indonesia yang masih diizinkan untuk dibuka di tengah situasi Pandemi Covid-19

Selain TN Komodo, Ini 22 Taman Nasional yang Dibuka di Tengah Covid-19
Pintu masuk di Taman Nasional Komodo, NTT - ist

JAKARTA, dawainusa.com – Selain TN Komodo, terdapat 22 Taman Nasional di seluruh wilayah Indonesia yang masih diizinkan untuk dibuka di tengah situasi Pandemi Covid-19.

Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi (PJLHK) Kementerian LHK Nandang Prihadi menjelaskan, izin dibukanya berbagai Taman Nasional (TN) tersebut dibuat berdasarkan kriteria tertentu.

Baca juga: Meski PPKM Diperpanjang, Epidemolog Ragu Indonesia Cepat Pulih dari Covid-19

“Kriteria membuka kembali kawasan, misal di zona aman. Kedua, ada rekomendasi dari Satgas. Kalau Satgas rekomendasi untuk tutup, mau tidak mau ya tutup,” kata Prihadi, Rabu (21/7).

Daftar Taman Nasional yang Dibuka di Tengah Pandemi Covid-19

Prihadi mengatakan, sejumlah Taman Nasional yang diizinkan untuk dibuka tersebut ialah berada di luar Pulau Jawa dan Bali.

Untuk TN yang berada di kedua pulau tersebut, Prihadi menjelaskan bahwa semuanya tidak diizinkan untuk dibuka, mengingat masih diterapkannya kebijakan PPKM Level 4.

Adapun sejumlah TN yang dimaksudkan itu ialah TN Gunung Rinjani dan TN Tambora di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca juga: Dirut BPOLBF Sebut Pulau Padar Kembali Dibuka untuk Wisatawan

TN Manupeu Tanah Daru di NTT, TN Gunung Leuseur di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut), TN Ujung Kulon (hanya untuk kegiatan magang dan penelitian), di Banten.

TN Wakatobi di Sulawesi Tenggara (Sultra), TN Bantimurung Bulusaraung dan TN Takabonerate di Sulawesi Selatan (Sulsel), TN Kepulauan Togean di Sulawesi Tengah (Sulteng).

TN Bunaken di Sulawesi Utara (Sulut), TN Kerinci Seblat di Jambi, TN Rawa Aopa Watumohai di Sultra, TN Aketajawe Lolobata di Maluku Utara (Malut), TN Bukit Tiga Puluh di Riau.

TN Bogani Nani Wartabone di Sulut, TN Gunung Maras di Kepulauan Bangka Belitung, TN Bukit Duabelas di Jambi, TN Sebangau di Kalimantan Tengah (Kalteng), TN Bukit Baka Bukit Raya di Kalimantan Barat (Kalbar).

TN Bukit Barisan Selatan di Sumut, TN Teluk Cendrawasih di Papua, dan TN Gunung Palung di Kalimantan Barat.

Meski dibuka di tengah situasi Pandemi Covid-19, para wisatawan yang berkunjung diharapkan tetap mematuhi dan mengikuti standar protokol kesehatan yang berlaku. Hal itu penting sebagai bagian dari upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.*

Exit mobile version