10 Tempat Wisata Menarik di Sumba Barat Daya

10 Tempat Wisata Menarik di Sumba Barat Daya

TRAVEL, dawainusa.com. Pulau Sumba di NTT merupakan salah satu pulau yang banyak menyimpan harta kekayaan alam dan budaya. Pulau ini terbagi dalam 4 wilayah Kabupaten yakni Kabupaten Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.

Kabupaten Sumba Barat Daya telah umum dikenal dengan berbagai tempat wisata menarik. Di tempat ini, Anda akan menemukan aneka macam keindahan alam yang memanjakan mata dan layak dijadikan tempat berlibur. Berkut ini ada ada 10 tempat wisata menarik yang terdapat di Sumba Barat Daya:

Baca juga10 Tempat Wisata di TTS yang Bisa Mambuat Kamu Jatuh Cinta

Air Terjun Pabeti Lakera

Menyusuri Sumba Barat Daya, Anda akan menemukan air terjun yang sangat unik dan indah. Nama air terjun tersebut Air Terjun Pabeti Lakera. Kaunikan Air Terjun Lakera karena terdiri dari 3 tingkat. Salah satu tingkatnya memiliki ketinggian mencapai 20 meter. Tempat ini terletak di Desa Delo, Kecamatan Wewewa Selatan, Sumba Barat Daya.

Air Terjun Pabeti Lakera

Air Terjun Pabeti Lakera – Instagram @wisatasumba

Air Terjun Dikira

Di Sumba Barat Daya tidak hanya Air Terjun Pabeti Lakera yang bisa dijadikan tempat rekreasi ataupun tujuan traveling Anda. Di tempat ini ada satu juga air terjun yang tidak kalah menariknya yakni Air Terjun Dikira. Tempat ini terletak di Kecamatan Wewewa Timur.

Air Terjun Dikira

Air Terjun Dikira – triptrus.com

Selain itu, tempat ini juga digunakan sebagai pembangkit tenaga mikrohidro. Anda bisa menikmati kesejukan udara dan air jernih yang mengalir dari pegunungan ditemani pamendangan alam yang indah dan menyenangkan.

Baca juga10 Obyek Wisata Menarik yang Ada di Ngada, Flores

Pantai Waibuku

Pantai Waibuku merupakan salah satu pantai yang menarik di Sumba Barat Daya. Pantai ini belum diketahui banyak orang. Keindahan pasir putih dan air laut yang biru membuat pantai ini menyaingi Pantai Kuta di Bali.

Pantai Waibuku

Pantai Waibuku – Instagram @ajisusanto2011

Pantai ini terletak di Kecamatan Kodi Blaghar, Sumba Barat Daya. Di tempat ini Anda akan merasakan suasana pantai dengan udara yang sejuk ditemani deburan ombak yang memecah kesunyian pantai.

Pantai Watu Maladong

Pantai Watu Maladong merupakan salah satu obyek wisata yang tidak kalah menariknya di Sumba Barat Daya. Pantai ini masih sangat alami dan bersih.

Pantai Watu Maladong

Pantai Watu Maladong – Instagram @lingkar_ntt

Pemandangan alamnya diperindah oleh gugusan batu raksasa yang berjejer di sepanjang pinggir pantai. Tempatnya terletak di Desa Panenggo Ede, Kecamatan Kodi Balaghar.

Baca juga10 Alasan yang Membuat Orang Merindukan Kota Ruteng

Pantai Tanjung Mbulir

Keindahan pantai di Kabupaten Sumba Barat Daya juga semakin diperkaya dengan adanya Pantai Tanjung Mbulir. Pantai ini diperindah oleh pemandangan pasirnya yang unik, yang membentang di sepanjang garis pantai.

Pantai Tanjung Mbulir

Pantai Tanjung Mbulir – Kompasiana

Hamparan pasir putih yang menilaukan mata tersebut ditemani lautan biru nan bersih yang membuat Anda betah berada di sini. Tempatnya terletak di Kecamatan Kodi Blaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Danau Weekuri

Mungkin Anda merasa aneh jika menemukan ada danau yang airnya terasa asin. Danau seperti ini hanya ada di Kabupaten Sumba Barat Daya. Danau air asin Weekuri terletak di Kecamatan Kodi Utara.

Danau Weekuri

Danau Weekuri – Instagram @fiona.d

Danau ini sangat unik karena percampuran antara air asin dan air tawar sehingga rasanya asin. Danau ini merupakan obyek wisata primadona di Sumba Barat Daya karena merupakan perpaduan antara warna air tawar dan air laut.

Pantai Mbawana

Di Sumba Barat Daya, ada sebuah pantai yang letaknya sangat menantang. Tempat ini sulit untuk dikunjungi karena membutuhkan keberanian lebih. Namun, di balik kesulitan tersebut, pantai Mbawana sangat indah dan menarik untuk dikunjungi.

Pantai Mbawana

Pantai Mbawana – Instagram @xiaolingchan

Di tempat ini mata Anda akan dimanjakan oleh hamparan pasir putih yang eksotik dengan laut biru yang bersih dan mempesona. Di tempat ini Anda juga akan menjumpai bagaimana indahnya senja saat mentari tenggelam menjelang sore. Pantai ini terletak di Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Baca juga10 Tempat Paling Indah di TTU yang Wajib Kamu Kunjungi

Pantai Ratenggaro

Salah satu pantai yang tak kalah indahnya di Sumba Barat Daya adalah Pantai Ratenggaro. Selain karena keindahan pantainya, tempat ini juga terapat rumah-rumah adat.

Pantai Ratenggaro

Pantai Ratenggaro – Instagram @pegi_pegi

Pantai ini terletak di Desa Umbu Ngedo, Kodi Bangedo, Sumba Barat Daya. Dari Tambolaka Anda akan menempuh perjalanan sejauh 56 km menuju Pantai Ratenggaro. Pantai Ratenggaro merupakan perpaduan antara wisata alam dan budaya yang membuat Anda bisa merasakan betapa menyenangkan berada di tempat ini.

Pantai Mandorak

Pantai Mandorak merupakan salah satu pantai yang menarik di Sumba Barat Daya. Pemandangan di pantai ini dipercantik oleh pasir putih yang indah dan karang terjal yang sangat eksotis di ujung-ujung tebing.

Pantai Mandorak

Pantai Mandorak – Instagram @azhydhy

Panjangnya mencapai 150 m dan terletak di Kelena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Pantai Mananga Aba

Salah satu pantai yang menarik di Kabupaten Sumba Barat Daya adalah Pantai Mananga Aba. Pantai ini terletak 15 km dari Kota Tambolaka.

Pantai Mananga Aba

Pantai Mananga Aba – Instagram @mytrip_magazine

Suasana di pantai ini masih sangat sepi karena belum dikunjungi banyak orang. Pantai Mananga Aba terletak di Desa Karuni, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Demikian 10 tempat wisata menarik yang terdapat di Kabupaten Sumba Barat Daya. Ayo berkunjun ke tempat ini untuk menikmati segala keindahan alam yang ada di sana.*

COMMENTS