10 Tempat Wisata di TTS yang Bisa Mambuat Kamu Jatuh Cinta

10 Tempat Wisata di TTS yang Bisa Mambuat Kamu Jatuh Cinta

TRAVEL, dawainusa.com Kabupaten Timor Tengah Selatan merupakan salah satu wilayah yang terletak di Pulau Timor, Propinsi Nusa Tenggara Timur yang memiliki banyak tempat wisata. Wilayah ini memiliki kekayaan budaya dan alam yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi.

Baca juga: Intip 10 Fakta Menarik yang Terdapat di Lembata, NTT

Jika kamu ingin menikmati keindahan alam dan warisan budaya zaman dahulu, datanglah ke TTS. Di tempat ini kamu akan menjumpai berbagai macam potensi yang membuat kalian merasa betah dan nyaman. Ada 10 alasan
yang membuat kamu merindukan tempat ini.

Berikut 10 Alasan yang Akan Membuatmu Merindukan TTS

Baca juga: 10 Tempat Paling Indah di TTU yang Wajib Kamu Kunjungi

Taman Wisata Bu’at

Taman Wisata Bu’at adalah salah satu taman wisata keluarga yang dikelilingi oleh pohon-pohon tinggi dan rindang seperti Pohon Pinus, Mahoni dan Cendana.

Di tempat ini kamu juga bisa menjumpai beragam satwa seperti burung, monyet dan berbagai macam satwa lainnya. Tempat ini dilengkapi dengan villa, kolam renang dan permainan anak. Letak taman ini sekitar 4 km dari kota Soe.

Taman Wisata Bu’at

Taman Wisata Bu’at – nttprov

Air Terjun Oehala

Di Timor Tengah Selatan, ada juga tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi yakni Air Terjun Oehala. Tempat ini terletak di Desa Oehala, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan-NTT.

Di Oehala kamu bisa menikmati keindahan air terjun tujuh tingkat dengan udarahnya yang sejuk. Di setiap tingkat air terjun ini kamu bisa berenang dan merasakan dinginnya air yang berasal dari gunung Mutis.

Air Terjun Oehala

Air Terjun Oehala – IndonesiaKaya

Pantai Kolbano

Pantai Kolbano merupakan salah satu tempat wisata terindah di Kabupaten TTS. Pantai ini berada sekitar 80 km dari Kota Soe. Tempatnya masih sangat asri dan alami. Di pantai ini kamu akan disuguhkan dengan panorama keindahan alam yang menarik dan mempesona.

Salah satu keunikan pantai ini adalah bentangan kerikil beraneka warna yang menghiasi pantai dan bongkahan batu besar yang berbentuk mirip kepala Singa (Fatu Un) yang menjadi simbol pantai Kolbano. Ayo berkunjung ke TTS untuk menikmati keindahan Pantai Kolbano.

Pantai Kolbano

Pantai Kolbano – Kba. TTS

Gunung Marmer Fatumnasi

Sebagai Desa Wisata, Alam Fatumnasi terkenal dengan kawasan konservasi sumber daya alam di Kabupaten TTS. Wilayah ini memiliki tempat wisata Gunung Marmer yang masih alami dang sangat indah.

Wilayah Fatumnasi menyuguhkan keindahan alam yang sangat eksotik dengan suhu udaranhnya yang sejuk dan
nyaman, cocok untuk dijadikan sebagai tempat berlibur.

Di tempat ini anda akan menjumpai hutan yang lebat, padang rumput yang luas, bebatuan yang unik dan indahnya puncak gunung Mutis. Datanglah ke tempat ini, jika kamu ingin merasakannya secara langsung. Di tempat ini kamu juga akan menjumpai Benteng Dua Putri, yakni Fatu Nausus dan Fatu Taapan.

Gunung Marmer Fatumnasi

Gunung Marmer Fatumnasi – nenobais

Pantai Oetune

Jika kamu ingin melakukan piknik keluraga, datanglah ke Pantai Oetune di Kabupaten TTS. Pantai yang indah ini menyajikan hamparan pasir putih sepanjang puluhan kilometer.

Di tempat ini kamu akan merasa sedang berada di tengah gurun. Pantai ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat berselancar karena ombak di pantai ini mencapai ketinggian 4-7 meter. Kamu tertarik? Silahkan datang dan nikmati keindahan Pantai Oetune.

Pantai Oetune

Pantai Oetune – IndonesiaKaya

Pegunungan Fatunausus

Di Kabupaten TTS, ada sebuah pegunungan yang sangat indah untuk anda kunjungi yakni Pegunungan Fatunausus. Di Fatunausus kamu akan menjumpai sebuah batu besar berbentuk candi yang merupakan tempat persembayangan bagi Masyarakat Suku Mollo yang berdomisili di seputar batu besar tersebut.

Tempat ini barada pada ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Di ini, kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam berupa pegunungan dan lembah yang cantik. Udarah di tempat ini sangat sejuk dan suasananya sangat tenang.

Pegunungan Fatunausus

Pegunungan Fatunausus – pictame

Cagar Alam Gunung Mutis

Pernahkah kamu ke cagar alam Gunung Mutis? Jika pernah ke tempat ini, kamu pasti menemukan bentangan alam nan luas dan indah. Cagar alam ini berada pada ketinggian 2427 meter di atas permukaan laut. Tempat ini terletak di Kecamatan Tobu, Kabupaten TTS.

Di tempat ini kamu bisa menikmati panorama hutan hijau yang luas dengan pepohonan dan berbagai macam satwa endemik seperti Rusa, Kuskus, Babi Hutan, Biawak, Ular Sanca, Ayam hutan, Punai Timor, Betet, Perkici dada kuning dan lain sebagainya. Datanglah ke Gunung Mutis jika kamu ingin menikmati keindahan alam yang menyenangkan.

Cagar Alam Gunung Mutis

Cagar Alam Gunung Mutis – Kompasiana

Pusat Kerajaan Mollo

Di TTS ada juga salah satu tempat pariwisata unik yang layak untuk dikunjungi yakni Pusat Kerajaan Mollo. Tempat ini berada di Sonaf Aijaobaki. Kamu bisa menyaksikan sendiri bekas peninggalan Kerajaan Mollo yang dipimpin oleh Raja Oematan dalam bentuk pernak-pernik kerajaan.

Di sana juga kamu bisa menikmati hidangan ringan serta atraksi seni budaya berupa tarian giring-giring (Soo Bano). Tempat wisata ini terletak di Desa Netpala, Kecamatan Netpala, Kabupaten TTS dengan jarak 28 km dari So’e.

Pusat Kerajaan Mollo

Pusat Kerajaan Mollo – Kesultanan dan Kerajaan di Indonesia

Perkampungan Adat None

Jika kamu ke TTS, di sana kamu akan menjumpai perkampungan Adat None. Perkampungan Adat None dihuni oleh marga Tauho. Kampung adat ini terdiri dari rumah-rumah adat orang Timor berupa Ume Kbubu (Rumah Bulat) dan lopo.

Menurut filosofi orang Timor, Rumah Adat Kbubu melambangkan wanita Timor yang santun, bersahaja, merendah dan tertutup auratnya. Sedangkan lopo melambangkan laki-laki Timor yang terbuka, kokoh dan sebagai tempat pertemuan keluarga.

Perkampungan Adat None

Perkampungan Adat None – jalanwisata

Benteng None

Mengunjungi TTS, kamu tidak hanya disuguhi keindahan alam dan kekhasan budaya masyarakat setempat, tetapi juga warisan sejarah yang tak kalah menariknya. Di Kabupaten TTS, kamu akan menjumpai benteng bekas peninggalan Belanda yang dikenal dengan nama Benteng None.

Benteng ini terbuat dari batu alam dan sejenis tumbuhan berduri yang ditanam berjejer sepanjang sekitar 1 km. Di tempat ini kamu bisa melakukan selfie dengan latar belakang benteng yang membawa suasana masa lampau.

Benteng None

Benteng None – Arianto S NTT

Demikian 10 Tempat unik di TTS yang bisa membuat kamu jatuh cinta. Dengan mengunjungi tempat ini, kamu pasti akan merasakan indahnya alam dan budaya serta warisan sejarah masa lampau yang membuat kamu terpesona dan sulit melupakan TTS.*

COMMENTS