Menyusuri 10 Tempat Wisata Cantik di Flores Timur, NTT

Menyusuri 10 Tempat Wisata Cantik di Flores Timur, NTT

Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), dikenal banyak menyimpan keindahan alam dan budaya yang sungguh menakjubkan. (Foto: Pantai Asam Satu Weri - Sarabitinews.com).

TRAVEL, dawainusa.com Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu daerah yang penuh dengan keindahan. Mungkin bagi Anda nama Flores Timur belum begitu akrab. Atau mungkin anda hanya mengenal kota Larantuka.

Nahh…untuk Anda ketahui, kota Larantuka merupakan ibu kota dari Kabupaten Flores Timur. Kota yang berada di bagian timur Pulau Flores ini dikenal banyak menyimpan keindahan alam yang menakjubkan. Jadi…sudah jelas kan?

Baca juga: Menyusuri 10 Destinasi Wisata Menarik Di Maumere

Jika suatu waktu Anda berkesempatan ke kota ini, anda akan menemukan berbagai macam objek wisata menarik, mulai dari objek wisata alam, budaya, sampai objek wisata religi.

Namun, tahukah anda tentang objek wisata apa saja yang ada di kota ini? Berikut dawainusa.com sajikan beberapa tempat wisata di Larantuka, Flores Timur yang mesti kamu kunjungi.

Taman Doa Mater Dolorosa

Bagi anda yang gemar melakukan wisata rohani, anda bisa datang ke Taman Doa Mater Dolorosa. Nama Mater Dolorosa ini sendiri memiliki arti Bunda Duka Cita. Tempat ini bisa dijadikan ruang untuk mempererat hubungan anda dengan Sang Pencipta.

Taman Doa Mater Dolorosa – IG @richardgede

Meskipun taman religi ini merupakan tempat ibadah umat Katolik. Akan tetapi, taman ini sangat terbuka bagi siapapun. Apalagi di tempat ini, anda juga dapat menyaksikan birunya laut dan keperkasaan gunung yang menjulang tinggi tersapu awan yang terlihat begitu menenangkan hati. Cukup sempurna bukan?

Danau Asmara

Menurut cerita penduduk setempat, danau Asmara ini terbentuk akibat letusan Gunung Sodoberawao Kobanara pada tahun 400-500 SM. Nama Asmara sebenarnya bukanlah nama asli danau ini. Dari informasi yang ada nama asli danau ini ialah Waibelen.

Konon, diceritakan bahwa di tempat ini ada suatu tragedi bunuh diri yang dilakukan oleh sepasang kekasih. Kedua sejoli tersebut kemudian berubah menjadi buaya putih yang mendiami danau tersebut.

Danau Asmara – IG @muhamaddede8120

Mereka sesekali akan menunjukkan dirinya ketika dipanggil dengan ritual upacara adat. Dari cerita legenda tersebut, danau ini kemudian disebut dengan nama Danau Asmara.

Danau ini sangat eksotis karena memiliki warna air yang biru ditambah rimbunan pepohonan yang begitu indah. Selain untuk menikmat keindahan alam, danau ini cocok untuk dijadikan sebagai lokasi pre wedding, lamaran, dan bahkan untuk menikmati kebersamaan dengan keluarga tercinta. Menarik bukan?

Baca juga: Mengintip 10 Tempat Wisata Populer di Nagekeo-NTT

Pantai Asam Satu Weri

Pantai Asam Satu Weri ini berada tidak jauh dari pusat kota Larantuka. Meskipun di dekat kota, pantai ini masih sangat terawat. Kebersihan pantai ini sangat terjaga atas kesadaran lingkungan warga setempat.

Sebagai tempat yang begitu khas dengan suasana tenangnya, jangan harap kamu akan menemukan cafe ataupun restoran di sini. Asam Satu Weri adalah pantai yang hanya menyuguhkan ketenangan.

Pantai Asam Satu Weri – Sarabitinews.com

Pantai ini memiliki pasir berwarna kekuning-kuningan dengan air laut yang jernih. Semuanya itu cukup menjadi penawar bagi anda yang ingin memanjakan diri akibat stress, galau dan membutuhkan ketenangan sebagai tempat pelarian.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pantai Asam Satu Weri adalah sesaat sebelum matahari terbit. Karena di sinilah kamu bisa menikmati pergantian warna-warna langit dari gelap, orange, hingga biru muda saat pagi tiba.

Pantai Kawaliwu

Pantai ini berada di desa Kawaliwu, tepatnya 20 km dari pusat kota Larantuka. Kaliwuru menawarkan pasir hitamnya yang khas dan ditemani batu-batu besar di sepanjang bibir Pantai. Di sini pun kamu bisa menikmati segarnya pemandian air panas alami.

Pantai Kawaliwu – IG @noviearie

Jika Pantai Asam Satu Weri menawarkan keindahan matahari terbit, maka pantai Kaliwuru menjadi pelengkap sebagai penyuguh keindahan matahari terbenam. Ini akan menjadi tempat terbaikmu untuk menikmati Golden Time.

Pantai Labawain

Pantai Labawain merupakan salah satu pantai terbaik di Flores Timur yang layak untuk anda kunjungi saat berlibur. Pantai berpasir putih bersih sepanjang sekitar 200 meter ini menawarkan pemandangan pantai yang sangat mempesona untuk anda nikmati.

Pantai Labawain – smdestinasiwisata

Pantai yang terletak di Desa Lamawai, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur ini sangat cocok untuk wisata keluarga, berenang, menyelam, fotografi, bersantai menyelusuri pantai atau berjemur matahari.

Pantai Watowara

Pantai Watowara merupakan salah satu pantai yang memiliki hamparan pantai berpasir putih sepanjang 500 meter. Berdasarkan cerita legenda masyarakat setempat, di pinggir pantai ini terdapat dua buah batu berwarma hitam yang konon merupakan perubahan wujud dari dua orang kakak beradik yang muncul dari dalam laut pada malam hari.

Pantai Watowara – yohanesmwain.blogspot.co.id

Ketika kakak beradik tersebut berjalan menuju daratan tiba-tiba terdengar kokok ayam jantan disekitar pantai. Mereka terkejut dan dalam sekejab berubah wujud menjadi dua buah batu hitam. Pantai ini terletak terletak di Desa Watowara yang dapat anda tempuh dari Menanga, Ibukota kecamatan Solor Timur.

Baca juga: Ini 10 Tempat Wisata Menarik Saat Berlibur di Ende-Flores

Pantai Oa Dan Pantai Rako

Pantai Oa tidak kala menariknya dengan pantai lainnya di Flores Timur. Pantai yang terletak di wilayah selatan dari Kabupaten Flores Timur ini menyuguhkan hamparan pasir putih yang indah. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Rako. Kedua pantai tersebut mempunyai karakter yang sama.

Pantai Oa – IG @tsaqif.haq47

Pantai yang masih perawan ini sangat privasi, sepi dan tenang serta bersih dari sampah-sampah. Masyarakat lokal di sana akan dengan sangat ramah menyambut Anda di pantai yang menjadi kebanggaan mereka ini.

Pantai Deri

Pantai Deri juga merupakan salah satu tempat menarik yang dapat Anda kunjungi dan nikmati saat berlibur ke Flores Timur. Pantai ini memiliki panorama  yang indah dengan kombinasi antara ombak dan jenis pasir yang berbeda-beda.

Pantai Deri

Pantai Deri – wisatatravel.com

Selain itu, di pantai ini, Anda juga dapat menyaksikan wisata budaya di Desa Lamahelan dan Desa Harubala serta wisata gunung berapi Ile Boleng.

Untuk menuju pantai ini, anda bisa menempuhnya dengan transportasi laut atau darat dari Kota Larantuka dengan jarak tempuh sekitar 3 jam perjalanan.

Pulau Solor

Pulau Solor ini juga tidak kala menariknya. Di pulai ini, anda akan menemukan berbagai jenis objek wisata baru seperti Situs Peninggalan Portugis berupa Benteng Hendriques yang dibangun pada abad ke-15.  Selain itu, di pulau Solor anda juga dapat menikmati keindahan Pantai Liko.

Pulau Solor – Indolah.com

Aneka budaya dapat Anda temukan di sekitar Kecamatan Solor Selatan dan Kecamatan Solor Barat. Selain itu, anda juga dapat melakukan aktivitas berenang, snorkeling dan memancing sambil menikmati Wisata Budaya Pulau Solor.

Istana Raja Larantuka Flores Timur

Istana Raja Larantuka ini terletak di Kelurahan Pohon Sirih sebelah selatan jalan negara trans Flores atau seberang Taman Doa. Istana ini dibangun dengan gaya arsitektur Belanda. Hal tersebut menjadikan istana ini menarik perhatian para peziarah selama mengunjungi kota Larantuka.

Istana Raja Larantuka – Nyero.id

Istana ini memili panjang 20 meter dengan lebar 15 meter dan tinggi 8 meter. Bangunan ini pernah dipugar pada 2007.

Di dekat istana ini terdapat Patung Bunda Maria setinggi sekitar 1,5 meter berjubah biru menggendong seorang anak seraya memegang tongkat. Patung ini berdiri kokoh di atas tiang semen segi empat yang di bagian depannya terpatri sebuah kalimat dalam ejaan lama berbunyi “ Sa Maria Renja Larantoeka Lindoengkanlah Kami “.

Bagaimana, Flores Timur indah bukan? Selamat bertualang!*