10 Tempat Unik yang Membuat Kamu Merindukan Alor

10 Tempat Unik yang Membuat Kamu Merindukan Alor

TRAVEL, dawainusa.com Salah satu kabupaten yang patut kamu kunjungi di NTT adalah Kabupaten Alor. Tempat ini merupakan salah satu wilayah yang memiliki kekayaan baik sumber daya alam, maupun kebudayaan.

Baca juga: 10 Tempat Paling Indah di TTU yang Wajib Kamu Kunjungi

Karena itulah maka keberadaan pulau ini sangat dijaga kelestariannya dan diperhatikan objek wisatanya. Ada 10 alasan yang membuat kamu merindukan dan wajib mengunjungi Alor.

Tempat-tempat Menarik yang Ada di Alor

Baca juga: 10 Obyek Wisata Menarik yang Ada di Ngada, Flores

Pantai Batu Putih

Jika selama ini kamu hanya sering melihat batu berwarna hitam, maka di Pulau Alor ada sebuah pantai yang memiliki batu putih yang indah dan unik.

Salah satu kabupaten di NTT ini ternyata menyimpan banyak keindahan alam yang sangat mempesona. Hamparan pasir putih yang terbentang luas dengan birunya laut menjadi sebuah pemandangan yang akan membuat kamu berdecak kagum.

Kemolekan pantai semakin menawan oleh keberadaan tebing  batu berwarna putih yang selalu memberikan keteduhan dari panasnya sinar mentari.

Pantai Batu Putih

Pantai Batu Putih – jalanwisata.id

Pulau Rusa
Jangan salah sangka. Pulau Rusa bukan pulau yang berbentuk rusa. Tapi pulau ini memiliki banyak rusa. Hewan liar yang jarang kita temukan ini ternyata memilih membangun komunitas di salah satu Pulau di NTT ini. Saat ini pulau ini sedang dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata.

Bagi wisatawan yang ingin berburu di lokasi wisata ini harus didampingi oleh pemangku adat setelah sebelumnya melakukan ritual upacara adat. Tempat ini terletak di Desa Puntaru, Kecamatan Pantar Barat, Kabupaten Alor-NTT.

Pulau Rusa

Pulau Rusa – teluklove.com

Pantai Ling’al

Keindahan Pulau Alor bukan hanya karena Batu Putihnya, tapi juga pasir putih yang menghiasi Pantai Ling’al. Hamparan pasir putih yang membentang sepanjang garis pantai membuat kamu sulit melupakannya.

Di tempat ini kamu bisa menikmati keindahan pantai secara menyeluruh dari atas bukit mungil yang berada di pinggir pantai tersebut. Tempat ini berada di Desa Halerman, Alor Barat Daya, Kabupaten Alor, NTT.

Pantai Ling'al

Pantai Ling’al – Minutespost

Kolam Bidadari

Jika kamu ingin mencari tempat yang sejuk dengan kolam yang dikelilingi pepohonan, datanglah ke Alor. Di tempat ini kamu akan menemukan sebuah kolam yang dikelilingi rimbunan pohon.

Air yang jernih dang udarah yang sejuk membuat suasana semakin indah dan hati terasa damai. Kolam Bidadari merupakan salah satu bagian destinasi wisata di Pulau Alor.

Kolam Bidadari

Kolam Bidadari – Bacpacker Jakarta

Air Terjun Mataru

Sudahkah kamu melihat dan menikmati indahnya air terjun? Jika belum, maka datanglah ke Alor-NTT. Di tempat ini kamu akan menjumpai air terjun tertinggi di Alor. Air terjun Mataru terletak di Desa Legiman, Kecamatan Mataru. Warga lokal menyebut tempat ini dengan nama Beintal.

Air Terjun Mataru

Air Terjun Mataru -Ngadem.com

Desa Takpala

Desa Takpala merupakan salah satu destinasi wisata di Alor yang sangat unik. Kawasan desa ini memiliki konsep wisata desa yang sama dengan di Bali. Jika kamu mengunjungi tempat ini, maka kamu akan disambut dengan keindahan budaya dan kearifan lokal khas penduduk setempat.

Di sini juga kamu bisa melihat bagaimana bentuk bangunan yang ada serta kegiatan sehari-hari yang bisa diamati. Selain itu kamu juga bisa berpartisipasi dan ikut dalam kegiatan yang mereka lakukan.

Desa Takpala

Desa Takpala – tinasiringoringo.blogspot.com

Museum 1000 Moko

Alor tidak hanya menarik dengan keindahan alamnya, tapi juga dengan keseniannya. Salah satu alat musik yang terkenal dari daerah ini adalah Moko.

Moko merupakan alat musik tradisional masyarakat Alor yang terbuat dari perunggu. Selain berfungsi sebagai alat musik, Moko juga digunakan untuk keperluan mas kawin dan sebagai alat pembayaran denda.

Di Museum ini, kamu juga bisa melihat benda-benda bersejarah seperti Porselin China, kain sutera dari India dan arca perunggu peninggalan Majapahit. Tempat ini terletak di Jalan Diponegoro, Kalabahi, Kabupaten Alor, NTT.

Museum 1000 Moko

Museum 1000 Moko – Situs Budaya Indonesia

Air Mancur Tuti Adagae

Air Mancur Tuti Adagae merupakan salah satu air mancur yang sangat unik di Alor. Air mancur alami ini sangat unik karena memancarkan air panas dari batu kristal.

Fenomena alam yang unik ini menjadi daya tarik tersendiri yang menarik perhatian para wisatawan. Lokasinya berada di Desa Buka Pitting, Kecamatan Alor Timur-NTT.

Air Mancur Tuti Adagae

Air Mancur Tuti Adagae – Scopecorner

Pulau Kepa

Jika kamu ingin bermain Kano, snorkling atau diving, datanglah ke Pulau Kepa di Kabupaten Alor-NTT. Pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata yang masih sangat alami dan banyak diminati wisatawan.

Di tempat ini kamu bisa menginap di pondok-pondok kecil yang terbuat dari bambu dan beratapkan rumbai, khas rumah tradisional Alor. Untuk menuju Pulau Kepa, kamu membutuhkan waktu perjalanan sekitar 10 menit dari Pelabuhan Alor Kecil.

Pulau Kepa

Pulau Kepa – goindospot

Pantai Tiga Warna Puntar

Jika Kabupaten Ende terkenal dengan danau tiga warna, maka di Alor kamu akan mengenal Pantai Tiga Warna.
Tempat ini terletak di Puntaru, Desa Tude, Pantar Tengah, Alor-NTT.

Di tempat ini kamu bisa meikmati pemandangan lautan luas dengan air yang begitu jernih. Di tempat ini kamu juga bisa menemukan tiga warna dominan yang memperindah wajah pantai yakni hitam, cokelat kemerahan dan putih seperti butiran gula pasir.

Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna – ist

Demikian 10 alasan yang membuat kamu merindukan Alor. Datanglah ke tempat ini agar kamu bisa menikmati segala macam keindahan alam dan seni budaya yang terdapat di Pulau Alor-NTT.*

COMMENTS