10 Tempat Paling Indah di TTU yang Wajib Kamu Kunjungi

10 Tempat Paling Indah di TTU yang Wajib Kamu Kunjungi

TRAVEL, dawainusa.com – Tahukah kamu, bahwa TTU merupakan salah satu kabupaten di NTT yang memiliki aneka macam tempat unik dan menawan yang membuat kamu rindu?

Jika kamu belum tahu dan belum pernah datang ke tempat ini, maka segeralah menyiapkan waktu dan rencana liburan kamu untuk mengunjungi tempat ini. Jika tidak, kamu hanya akan dibebani rasa penasaran dan sakit rindu yang tak kunjung berhenti.

Baca juga: 10 Obyek Wisata Menarik yang Ada di Ngada, Flores

Di tempat ini kamu bisa menjumpai banyak hal unik yang sangat menarik dan mempesona. Mau tahu 10 tempat terindah tersebut? Silahkan baca ulasannya di bawah ini.

10 Tempat Menarik di TTU

Baca juga: 10 Tempat Menarik di Kota Kupang yang Wajib Dikunjungi

Bukit Tua Mese

Berkunjung ke TTU, kamu akan disuguhi aneka keunikan alam dan budaya di sana. Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi yakni Bukit Tuamese. Bukit Tuamese adalah nama salah satu desa di Kabupaten TTU.

Desa ini terletak di Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten TTU-NTT. Masyarakat Timor mengenal tempat ini dengan sebutan Kuan Kefa. Pesona bukit yang indah ini belum dikenal oleh banyak orang. Jika kamu ke tempat ini kamu akan menjumpai keindahan pemandangan alam yang membuat kamu lupa pulang.

Bukit Tua Mese

Bukit Tua Mese – Satutenda

Pantai Tanjung Bastian

Berwisata ke TTU, tidak akan puas rasanya jika kamu tidak mengunjungi Pantai Bastian. Pantai ini merupakan salah satu tempat pariwisata di Kefamenanu yang paling ikonik dan paling banyak dikunjungi masyarakat.

Pantai Tanjung Bastian terletak di Wini, Desa Humusu C, Kecamatan Insana Utara-Kabupaten TTU-NTT. Banyak
kenangan indah yang akan kalian dapatkan di tempat ini. Penasaran? Silahkan datang di Kabupaten TTU.

Pantai Tanjung Bastian

Pantai Tanjung Bastian – Batas Negeri

Pantai Oesoko

Selain Pantai Tanjung Bastian, di TTU juga ada sebuah pantai indah yang dikenal dengan nama Pantai Oesoko. Pantai ini juga terletak di Kecamatan Insana Utara tak jauh dari Pantai Tanjung Bastian.

Kamu hanya menggunakan waktu 10 menit perjalanan dari Pantai Tanjung Bastian menuju Pantai Oesoko. Pantai ini masih sangat alami dan belum terkontaminasi limbah industri. Kamu bisa merasakan berenang di laut yang masih perawan dan belum tersentuh oleh lingkungan yang kotor di pantai ini.

Pantai Oesoko

Pantai Oesoko – Panorama Pulau Timur

Pantai Wini

Mau tahu Pantai Wini? Silahkan datang di TTU. Pantai ini sangat indah untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi bagi kalian yang merasa jenuh dengan berbagai kesibukan pekerjaan. Jarak dari Kefamenanu menuju Pantai Wini sekitar 65 km.

Di tempat ini kamu akan menjumpai hamparan pasir dan kerikil yang dikelilingi dengan pepohonan sehingga bisa dijadikan tempat berteduh dari sengatan matahari. Di dekat Pantai Wini juga kamu bisa menjumpai Pos perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste.

Pantai Wini

Pantai Wini – Liputan6

Desa Tradisional Tamkesi

Tahukah anda jika di TTU ada desa tradisional? Jika belum tahu, datanglah ke Kabupaten TTU. Di sini kamu akan menjumpai sebuah Desa Tradisional/Desa Adat yang dikenal dengan nama Desa Tamkesi.

Jarak dari Kefamenanu, Ibukota Kabupaten TTU menuju tempat ini sekitar 60 km. Kamu akan membuang waktu 1 jam perjalanan menuju tempat ini dari Kefamenanu.

Namun, walau jauh, kamu akan menikmati keindahan pemandangan di sepanjang perjalanan. Di tempat ini kamu juga akan menjumpai rumah-rumah tradisional di atas bukit batu yang sangat menarik dan indah.

Di Tamkesi kamu juga disuguhi keindahan dua bukit kembar yang melambangkan keindahan kosmis yang dimanifestasikan dalam berbagai hubungan.

Bukit di bagian Timur melambangkan sisi laki-laki dan bayang-bayang laki-laki. Sedangkan bukit bagian Barat melambangkan sisi perempuan dan bayang-bayang perempuan. Kedua bukit kembar ini membentuk Pah Nitu (tanah air).

Desa Tradisional Tamkesi

Desa Tradisional Tamkesi – bungaharry

Gua Maria Bitauni

Gua Maria Bitauni merupakan salah satu gua alam yang terdapat di Kabupaten TTU. Lokasi gua ini terletak di Desa Ainiut B, Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU)-NTT.

Konon berdasarkan penuturan sejarah masyarakat setempat, pada zaman dahulu bukit ini dijadikan sebagai Benteng Pertahanan Orang Portugis.

Di dalam gua tersebut terdapat Patung Bunda Maria untuk berdoa bagi umat Katolik. Di sini kamu bisa merasakan keindahan alam bumi Kefa yang sangat mempesona.

Gua Maria Bitauni

Gua Maria Bitauni – mytrip

Biboki Artshop

Pernahkah kamu mengunjungi tempat tenun ikat? Jika belum pernah, datanglah ke TTU. Di tempat ini ada sebuah tempat belajar tenun ikat. Selain tempat belajar tenun ikat, kamu juga bisa menemukan berbagai macam asesoris yang terbuat dari kain tenun motif TTU.

Kamu bisa membeli tas, pakaian dan atribut lainnya yang terbuat dari kain tradisional adat Kefa. Kamu bisa menemukan berbagai macam hasil karya anak-anak di tempat ini. Salah satu keistimewaannya adalah, segala macam asesoris di tempat ini memiliki kualitas yang sangat baik.

Biboki Artshop

Biboki Artshop TTU

Padang Rumput Popekanu

Salah satu tempat unik yang baru ditemukan di Kefa adalah Padang Rumput Popekanu. Padang rumput ini terletak di Desa Leteno, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten TTU.

Lokasi tersebut berjarak 20 km dari Kota Kefamenanu. Tempat ini memiliki rerumputan yang hijauh dan indah. Hijaunya padang rumput ini diperindah oleh jejeran pepohonan rindang yang bertumbuh di pinggir padang.

Jika kamu ke tempat ini, kamu akan merasakan sejuknya udara yang berhembus dari balik pepohonan yang menepi di pinggir padang.

Padang Rumput Popekanu

Padang Rumput Popekanu – Mari Membaca

Air Terjun 3 Tingkat

Salah satu tempat indah yang wajib kamu kunjungi di Kefamenanu adalah Air Terjun Tiga Tingkat. Tempat ini terletak di Desa Loeram, Kecamatan Insana-Kabupaten TTU.

Keunikan air terjun ini karena terdiri dari tiga tingkat. Tingkat pertama memiliki ketinggian 5 meter dari permukaan tanah, dengan lebar 4 meter.

Tingkat kedua tingginya lebih dari 5 meter dengan lebar 6 meter. Tingkat ketiga ketinggiannya mencapai 7 meter dengan lebar 3 meter. Itulah keunikan dari air terjun yang wajib kamu kunjungi jika mempunyai kesempatan berwisata ke TTU.

Air Terjun 3 Tingkat

Air Terjun 3 Tingkat – datulomboktour

Sonaf Maslete (Istana Maslete)

Sonaf Maslete adalah salah satu tempat menarik yang terdapat di Kefamenanu. Tempat ini merupakan bangunan warisan para leluhur.

Letaknya tidak jauh dari pusat kota Kefa sekitar 4 km, tepatnya di Kelurahan Ubu Hu’e, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Jika kamu ingin melihat warisan kerajaan kuno di Kefamenanu, datanglah ke tempat ini. Di tempat ini kamu akan menemukan peninggalan sejarah warisan leluhur orang Kefamenanu.

Sonaf Maslete (Istana Maslete)

Sonaf Maslete (Istana Maslete) – ist

Demikian 10 tempat unik di Kabupaten TTU-NTT yang wajib kamu kunjungi. Jika anda merasa tertarik dengan tempat-tempat tersebut, datanglah ke TTU. Di sana kamu akan menemukan segala keindahan alam yang sulit didapatkan di tempat lain. Ayo ke TTU.*

COMMENTS