10 Obyek Wisata Menarik yang Ada di Ngada, Flores

10 Obyek Wisata Menarik yang Ada di Ngada, Flores

TRAVEL, dawainusa.com – Apakah kamu sudah mengenal dan mengunjungi Ngada? Jika belum pernah, apakah kamu memilki alasan untuk merindukan Ngada?

Untuk diketahui, Ngada merupakan salah satu kabupaten di Pulau Flores yang menyimpan berbagai macam potensi budaya dan alam yang sangat menarik di dunia pariwisata.

Baca juga: 10 Alasan yang Membuat Orang Merindukan Kota Ruteng

Tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak mengunjungi tempat ini. Jika kamu penasaran, inilah sepuluh alasan bagi kamu untuk bisa bertandang ke kabupaten yang terkenal dengan Tarian Ja’i ini.

10 Tempat Wisata Menarik di Ngada

Baca juga: 10 Tempat Menarik di Kota Kupang yang Wajib Dikunjungi

Pulau Kelelawar

Menyebut Pulau Kelelawar mungkin di pikiran kamu terbersit gambaran pulau yang menyerupai kelelawar. Namun faktanya bukan itu yang dimaksudkan.

Pulau ini disebut Pulau Kelelawar karena di tempat ini kamu akan menjumpai ratusan ribu kelelawar yang bertengger di pepohonan bakau. Jika dilihat dari kejauhan ribuan kelelawar yang sedang bertengger  tersebut nampak seperti daun-daun kering. Namun jika dilihat dari dekat ternyata itu kelelawar.

Tempat ini berada di bagian Utara Pulau Flores. Dari Bajawa, ibukota Kabupaten Ngada, kamu membutuhkan waktu sekitar empat jam menuju Riung dengan jarak tempuh sejauh 72 kilometer menuju pantai utara.

Pulau Kelelawar

Pulau Kelelawar – nttprov

Wisata Alam Laut 17 Pulau di Riung 

Pernahkah kamu menikmatai indahnya pemandangan wisata laut 17 Pulau? Jika belum pernah, datanglah ke Ngada. Di tempat ini kamu akan menjumpai 17 pulau yang terletak di perairan Desa Tadho, Kelurahan Benteng Tengah, Kelurahan Nangamese, Lengkosambi, Desa Sambinasi dan Desa Latung, Kecamatan Riung.

Di kawasan ini terdapat 17 pulau besar dan kecil yang letaknya berdekatan satu sama lain. Pulau-pulau itu adalah pulau Pata, Bangko, Rutong, Bampa, Sua, Telu, Mborong, Kolong, Ontoloe, Sui, Wire, Meja, Wawi, Batu, Taor, Laingjawa, Wingkureo.

Kawasan pulau tersebut sebagian besarnya di daratan Pulau Flores dan sebagiannya berada di perairan teluk Riung. Di tempat ini kamu akan menjumpai barisan pulau-pulau kecil saling berdekatan yang sangat indah dan menarik.

Wisata Alam Laut 17 Pulau di Riung 

Alam Laut di Riung – Wisata Terbaikmu

Kampung Bena 

Bena adalah salah satu kampung adat yang menjadi destinasi wisata di Kabupaten Ngada. Kampung Bena, merupakan salah satu perkampungan Megalitikum. Kampung ini terletak di Desa Tiwuriwu, Kecamatan Jerebu, Kabupaten Ngada.

Jarak kampung Bena dari pusat kota Bajawa (Ibukota Kabupaten Ngada) sekitar 19 km. Letak kampung ini
berada di bawah kaki gunung Inerie. Kampung Adat Bena terdiri dari kurang lebih 40 rumah yang telah dihuni oleh 9 suku.

Adapun 9 sku yang menetap di Kampung Bena yaitu: Suku Bena, Suku Dizi, Suku Dizi Azi, Suku Wahto, Suku Deru Lalulewa, Suku Deru Solamae, Suku Ngada, Suku Ngada, Suku Khopa, dan Suku Ago.

Kampung Bena 

Kampung Bena – Travel Kompas

Kawah Wawomuda

Kawah Wawomuda adalah salah satu tempat unik terbaru di Kabupaten Ngada. Kawah ini terbentuk setelah meletusnya Gunung Wawomuda pada tahun 2001.

Tempat ini terletak di dusun Ngoranale, Kelurahan Susu, Kecamatan Bajawa, Kabupaaten Ngada. Untuk mencapai tempat ini, kamu harus berkendara selama kurang lebih 15 menit dan mendaki gunung dengan berjalan kaki sekitar 30 menit.

Kawah ini memiliki tiga kawah kecil dengan warna yang berbeda, yaitu coklat, kuning dan merah kecoklatan. Kawah Wawomuda sering pula disebut Mini Kelimutu, karena perubahan warna pada kawah ini terjadi dari hasil reaksi vulkanis serta mikroorganisme yang ada di air dalam kawah.

Kawah Wawomuda

Kawah Wawomuda – martindc

Kampung Adat Belaraghi

Ngada memang salah satu Kabupaten yang masih memiliki koleksi kampung adat warisan leluhur. Selain Kampung Adat Bena yang sudah terkenal di kalangan para wisatawan, ada juga Kampung Adat Belaraghi.

Kampung ini terletak di Kaligejo, Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada, NTT. Jika kamu ke tempat ini, kamu akan menemukan masyarakat yang masih mempertahankan tradisi dan adat istiadat yang merupakan peninggalan nenek moyang mereka.

Salah satunya adalah bangunan rumah khas masyarakat tradisional Ngada. Di tempat ini, kamu akan dijamu dengan hidangan tradisional berupa ubi, pisang, dan talas yang disajikan dengan kopi maupun arak (minuman lokal) hasil produksi masyarakat setempat.

Kampung Adat Belaraghi

Kampung Adat Belaraghi – Tripadvisor

Air Panas Mangeruda

Pernahkah kamu merasakan mandi di air panas alami? Jika belum pernah, maka datanglah ke Taman Wisata Alam Air Panas Mangeruda.

Tempat ini terletak di Mangeruda, Desa Piga, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada. Air panas alami tersebut berasal dari sebuah kolam dengan suhu sekitar 30 derajat. Aliran airnya yang hangat bisa menghalau dingin dan memberikan relaksasi bagi tubuh.

Air Panas Mangeruda

Air Panas Mangeruda – Jalanwisata

Pantai Ena Bhara

Pantai Ena Bhara merupakan salah satu pantai yang masih sangat alami di Ngada. Pantai ini terletak di Desa Waebela, Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada.

Suasana pantai yang masih sangat alami ini diperindah oleh paduan pasir putih dan air laut yang biru menjadi suguhan alam yang begitu eksotik.

Di tempat ini kamu akan merasakan sejuknya udara yang berhembus dari balik pepohonan yang membuat suasana pantai semakin sejuk dan nyaman. Bagi kamu yang ingin menyepih dari kesibukan pekerjaan, datanglah ke tempat ini.

Pantai Ena Bhara

Pantai Ena Bhara – TripAdvisor

Pulau Pasir Putih

Di Kabupaten Ngada, ada juga salah satu pulau yang dikenal dengan sebutan Pulau Pasir Putih. Pulau ini juga telah menjadi salah satu daya tarik wisata kawasan Taman Laut 17 Pulau Riung. Nama pulau tersebut adalah Pulau Rutong.

Keindahan Pulau Rutong dihiasi oleh hamparan pasir putih, air laut yang berwarna hijau toska. Kejerniah laut di Pulau Rutong membuat kamu bisa melihat dengan jelas ikan-ikan yang sedang berenang dan terumbu karang yang mehiasi dasar laut.

Jika kamu ke tempat ini, kamu bisa melakukan kegiatan berenang dan snorkeling. Di tempat ini kamu juga bisa menjumpai berbagai jenis terumbu karang baik yang keras maupun lembut.

Pulau Pasir Putih

Pulau Pasir Putih – idnusantara

Air Terjun Ogi

Air terjun Ogi merupakan salah satu air terjun yang ketinggiannya mencapai 30 m. Tempat ini terletak di Desa Faobata,’ Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada.

Hawanya sangat sejuk karena berada di lingkungan yang masih asri dan alami. Angin sepoi-spoi dan hawa sejuk yang berhembus di antara rimbunan pepohonan membuat kamu akan betah untuk berada di tempat ini.

Air Terjun Ogi

Air Terjun Ogi – Radar NTT

Air Terjun Wae Roa

Air Terjun Wae Roa adalah salah satu air terjun yang sangat unik di Kabupaten Ngada karena memiliki dua tingkatan air terjun dengan aliran airnya yang jernih dan menyegarkan.

Air terjun yang masih sangat alami ini berada di antara rimbunnya pepohonan yang menghijau. Aliran air terjun Wae Roa menyajikan keindahan alam yang begitu menyejukkan mata.

Tempat ini terletak di Desa Tiworiwu, Kecamatan Jerebu’u, Kabupaten Ngada-NTT. Datanglah ke tempat ini jika anda merindukan sentuhan air alami yang belum terkontaminasi dengan lingkungan yang kotor dan limba industri.

Air Terjun Wae Roa

Air Terjun Wae Roa – ist

Itulah 10 obyek wisata terindah dan menarik di Kabupaten Ngada yang wajib kamu kunjungi.  Segala macam keindahan baik budaya, maupun alam dapat kamu temukan di tempat ini.*

COMMENTS