Dawainusa.com – Menjadi orangtua bukanlah perkara mudah, apalagi saat harus menghadapi perilaku sang anak yang kurang menyenangkan, bahkan yang cenderung membuat khawatir.

Sayangnya, tidak banyak orangtua yang menyadari seberapa besar kontribusi mereka dalam membentuk perilaku anak-anaknya. Dilansir Brightside, berikut beberapa perilaku yang disebabkan oleh kesalahan dalam pola asuh anak.

1. Anak yang Tertutup

Pola Asuk Anak: Tertutup
Pola Asuk Anak: Tertutup – Brother’s Photo

Jika kamu seringkali mendapati buah hatimu tertutup dan penuh dengan rahasia, serta sangat sulit untuk mempercayai orang lain, mungkin karena sikapmu yang terlalu temperamen padanya.

2. Anak yang Tidak Tegas

Pola Asuk Anak: Tertutup
Pola Asuk Anak: Tertutup – Pixabay

Jika si kecil terlalu pemalu dan dan tidak tegas, besar kemungkinan campur tangan orangtua yang telalu banyak di saat ia harusnya bisa mengatasi masalah-masalahnya sendiri. Ia tidak dilatih untuk mandiri.

3. Anak yang Tidak Puas

Pola Asuk Anak: Tidak Puas
Pola Asuk Anak: Tidak Puas – Sofia Garza

Jika kamu merasa sudah membelikan mainan yang cukup banyak untuk si kecil, namun mendapati dia seringkali merebut mainan anak lain, mungkin karena kamu tidak memberikan kebebasan kepada buah hatimu untuk memilih mainan yang dia inginkan.

4. Anak yang Cemburu

Pola Asuh Anak: Cemburu
Pola Asuh Anak: Cemburu – Bess Hamiti

Jika si kecil sering memperlihatkan sifat iri hati dan cemburu, mungkin karena selama ini kamu terlalu sering membanding-bandingkannya dengan anak-anak yang lain. Ia tak pernah dianggap cukup baik untukmu.

5. Anak yang Kasar

Pola Asuh Anak: Kasar
Pola Asuh Anak: Kasar – Kailash Kumar

Jika si kecil memiliki sikap kasar terhadap orang lain, kemungkinan besar dia mendapat cerminan dari perilaku kasar yang dilihatnya dalam rumah. Sikap itu kemudian menjadi cermin yang dipakainya saat berinteraksi dengan orang lain.

6. Anak yang Pemarah

Pola Asuh Anak: Pemarah
Pola Asuh Anak: Pemarah – M. Abdelgaffar

Jika si kecil gampang marah dan memiliki tempramen yang tinggi, mungkin karena selama ini dia kurang mendapatkan perhatian dari orangtuanya. Dia hanya tidak tahu bagaimana caranya agar orangtuanya menyadari kehadirannya.

7. Anak yang Berbohong

Pola Asuh Anak: Berbohong
Pola Asuh Anak: Berbohong – Skitterphoto

Jika kamu terlalu sering mendapati si buah hati berbohong padamu, mungkin karena selama ini reaksimu terlalu keras pada kesalahan-kesalahannya. Berbohong menjadi salah satu caranya melindungi diri dari hukuman atau kemarahanmu.

8. Anak yang Tidak Peduli

Pola Asuh Anak: Tidak Peduli
Pola Asuh Anak: Tidak Peduli – VisionPic

Jika anakmu tidak peduli dan menghargai orang lain, mungkin karena selama ini kamu hanya memberitahunya apa yang harus dia lakukan tanpa memberitahu alasannya. Ia lalu tumbuh tanpa sikap respect dan peduli terhadap orang lain.

9. Anak yang Lemah

Pola Asuh Anak: Lemah
Pola Asuh Anak: Lemah – P. Apichodilok

Jika kamu mendapati si kecil tidak memiliki self-defense yang baik, kemungkinan besar karena selama ini kamu terlalu sering memarahinya di depan orang lain. Jangan pernah lakukan ini, bahkan di depan saudara kandungnya sendiri.

10. Anak yang Tidak Bahagia

Pola Asuh Anak: Tidak Bahagia
Pola Asuh Anak: Tidak Bahagia – Talha R

Banyak anak yang tidak bahagia karena orangtua yang memaksakan cita-citanya pada sang anak. Saat sang anak gagal mencapainya, orangtua lalu menyalahkannya sebagai anak yang tidak berbakti kepada orang tua.*