Terbukti Berselingkuh, Ahok dan Veronica Resmi Bercerai

Terbukti Berselingkuh, Ahok dan Veronica Resmi Bercerai

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok resmi bercerai dengan Veronica Tan. Putusan tersebut, demikian Sutaji, berdasarkan bukti yang cukup bahwa tergugat Vero menjalin hubungan di luar pernikahan resmi dengan orang lain. (Foto: Ilustrasi keretakan rumah tangga Ahok dan Veronika - ist)

JAKARTA, dawainusa.com Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok resmi bercerai dengan Veronica Tan. Perceraian mereka menjadi sah ketika majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara mengabulkan gugatan cerai Ahok terhadap Vero dalam sidang putusan perceraian, Rabu (4/4).

“Mengadili, menyatakan tergugat tak pernah hadir. Mengabulkan permohonan penggugat secara keseluruhan. Menyatakan perkawinan tergugat dan pengugat putus karena perceraian dengan segala akibat hukum,” kata ketua majelis hakim Sutaji membacakan putusan perceraian tersebut.

Putusan tersebut, demikian Sutaji, berdasarkan bukti yang cukup bahwa tergugat Vero menjalin hubungan di luar pernikahan resmi dengan orang lain. Karena itu, hal tersebut dinilai melanggar berbagai norma dalam sebuah rumah tangga.

Baca juga: Digugat Cerai Ahok, Veronica Tan Akhirnya Legawa Berpisah

“Bukti menunjukkan ada percakapan yang di mana dari materi dapat dinilai hubungan yang dekat dan cenderung melebihi hubungan teman biasa, asmara atau pacaran atau hubungan istimewa,” jelas Sutaji.

Bukti tersebut, lanjut Sutaji, diperkuat dengan berbagai fakta lain yang diperoleh dari para saksi seperti yang diterangkan oleh seorang pendeta yang pernah memberikan nasihat kepada tergugat Vero.

Sutaji menjelaskan, pendeta tersebut pernah memberikan masukan kepada Vero agar segera menjauhi selingkuhannya untuk menyelamatkan keluarga mereka.

“Namun tergugat tak mau menjauhi. Bahkan tergugat di hadapan penggugat sempat berkomunikasi video call saat menjenguk penggugat di Mako Brimob,”  terang Sutaji.

“Dari bukti-bukti tidak terbantahkan dan dapat disimpulkan bahwa benar terjadi perselingkuhan dengan laki-laki bernama Julianto Tio alias Ahwa,” lanjut Sutaji.

Ahok Ambil Alih Hak Asuh Anak

Selain membacakan putusan perceraian, majelis hakim juga mengabulkan permohonan Ahok untuk mengambil alih hak asuh anak. Dengan demikian, Ahok berhak untuk bertanggung jawab terhadap anak-anaknya dan melepaskan mereka dari Vero.

Untuk diketahui, Ahok menggugat cerai Veronica Tan pada 5 Januari 2018. Hal itu dilakukan Ahok lantaran rumah tangga mereka dihadiri oleh orang ketiga.

Baca juga: Ahok dan Veronica, Sidang Cerai di Hari Valentine

Berdasarkan penjelasan adik kandung Ahok Fifi Lety Indra, persoalan rumah tangga Ahok sudah berlangsung sejak tujuh tahun silam karena kehadiran orang ketiga bernama Julianto Tio.

Ia mengatakan, Ahok telah berulangkali mendatangi Julianto untuk menjauhi Vero. Hal itu juga pernah dilakukan oleh anak Ahok bernama Nicolaus. Akan tetapi, kehadiran mereka tidak diindahkan oleh Julianto dan ia terus mendekati Vero. Padahal Julianto sendiri juga memiliki keluarganya sendiri, yakni istri dan anak.

“Pak Ahok secara pribadi maupun Nicolas secara pribadi mendatangi Julianto Tio itu untuk meminta kepada beliau. Waktu itu Pak Ahok masih Gubernur, meminta kepada beliau dengan baik-baik supaya meninggalkan istrinya demi keutuhan keluarga masing-masing, mengingat beliau itu sudah punya keluarga, punya istri dan anak,” ujar Fifi di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rabu (31/1).

Tidak Ada Kaitannya dengan Politik

Selain mengungkapkan demikian Fifi juga mengatakan, perceraian Ahok dan Vero sama sekali tidak memiliki kaitan dengan persoalan politik. Ia mengatakan, perceraian itu murni merupakan urusan privat, yakni terkait relasi internal keluarga.

“Ini kejadian (perselingkuhan) sudah tujuh tahun, jadi tak ada hubungan dengan politik. Jadi buat orang yang memfitnah tolong dihargai. Karena ini keputusan yang paling sulit,” jelas Fifi.

Baca juga: Ini Tiga Hakim yang Akan Tangani Gugatan Cerai Ahok

Karena itu, Fifi meminta kepada semua pihak agar tidak mengaitkan perceraian Ahok dan Vero dengan politik. “Jadi tolonglah orang yang memfitnah cobalah hargailah, karena ini keputusan yang sulit,” ujar Fifi.

Adapun untuk pembagian harta, demikian Fifi, sejauh ini belum ditetapkan. Akan tetapi, lanjut dia, harta mereka pasti akan dibagikan untuk ketiga anak mereka.*

COMMENTS