Tentang

Tentang Dawainusa.com

Dawainusa.com adalah media kreatif yang mewadahi para penulis muda asal Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk berbagi tulisan, informasi, dan kreatifitas berupa artikel, opini, serta berita terkini.

Tentang Kami

Ide tentang adanya sebuah wadah (media) online yang dapat menjadi tempat para penulis muda asal NTT untuk belajar sekaligus berkarya telah muncul sejak bertahun-tahun lalu.

Bermula dari sharing dan diskusi-diskusi lepas tentang perkembangan dunia internet, diikat oleh perasaan yang sama sebagai generasi muda NTT, kami pun mulai berkumpul untuk membahas beberapa topik secara rutin, diantaranya:

  • Lahirnya blogger-blogger muda NTT dengan karakteristik dan tema blog yang beragam
  • Maraknya fenomena media sosial sebagai ‘rumah baru’ untuk saling berbagi informasi dan berinteraksi antar-sesama warga NTT
  • Hadirnya media-media online ‘lokal’  yang menyajikan informasi dengan fokus berita seputar NTT
  • Munculnya usaha-usaha dengan konsep bisnis online di kalangan masyarakat NTT

Dari waktu ke waktu, hasil-hasil sharing dan diskusi tersebut mengerucut untuk menjawab beberapa pertanyaan kunci, yakni:

  • Bagaimana cara membuat blog, menulis artikel dan mempromosikannya agar dibaca sebanyak mungkin orang?
  • Bagaimana cara agar media sosial dapat digunakan sebagai sarana promosi kegiatan atau gerakan yang bermanfaat bagi masyarakat NTT khususnya generasi muda?
  • Bagaimana cara menulis dan mengirimkan berita yang baik agar layak dimuat di media online?
  • Bagaimana cara mengembangkan dan mempromosikan bisnis secara online?

Dalam perjalanan waktu, kami lalu memutuskan untuk membentuk sebuah media yang dapat menjadi wadah untuk mempublikasikan hasil-hasil praktek dari sharing dan diskusi-diskusi tersebut. Lahirlah media ini, yang ditujukan sebagai sebuah tempat belajar menulis dan sekaligus sarana untuk mempublikasikan gagasan-gagasan generasi muda NTT.

Tentang Dawainusa.com

Dawainusa.com merupakan nama yang dipilih dari gabungan dua kata, Dawai dan Nusa.

Kata Dawai (senar) merujuk pada kesadaran bahwa masing-masing dari kami memiliki kelebihan dan keunikan, seumpama setiap dawai pada Sasando yang punya nada khas sendiri-sendiri. Sedangkan kata Nusa merujuk pada Nusa Tenggara Timur sebagai fokus utama dari konten-konten yang akan dimuat dalam media ini.

Dawainusa.com pada akhirnya menjadi sebuah kesatuan, sebagai kumpulan Dawai (baca: generasi muda) dengan keunikan dan kelebihan masing-masing yang ingin melakukan sesuatu untuk Nusantara, khususnya Nusa Tenggara Timur.

Adapun kanal dan sub-kanal serta feature yang ditampilkan di Dawainusa.com dibuat dan disusun sedemikian rupa agar dapat memudahkan pengelompokkan masing-masing konten sesuai minat para penulisnya. Berikut penjelasan atas masing-masing kanal Dawainusa.com:

  • KABAR NUSA: berisi berita-berita yang dikelompokkan dalam empat sub-kanal, yakni Trending TopikGlobal (internasional), Nusantara (nasional), dan Nusa Tenggara Timur (regional).
  • HITS NUSA: berisi artikel-artikel yang dibagi dalam lima sub-kanal menurut topiknya, yakni Travel & LeasureProfile & CelebRelationship, dan Lifestyle.
  • GETAR NUSA: berisi tulisan-tulisan yang menjadi fokus utama mingguan (sub-kanal Fokus Utama), hasil diskusi tim atas tema-tema tertentu (sub-kanal Suara Nusa), dan kiriman opini (sub-kanal Senandung Dawai).
  • ORKES DAWAI: berisi informasi-informasi seputar komunitas, baik itu komunitas budaya (sub-kanal Teropong Etnik), komunitas di masing-masing daerah di NTT (sub-kanal Kacamata Kota), dan komunitas diaspora NTT (sub-kanal Lensa Komunitas).
  • ALBUM: berisi konten-konten dalam bentuk gambar (sub-kanal Foto dan Nusagram), video (sub-kanal Video), dan infografis (sub-kanal Infografis).