Seorang Remaja Tewas Akibat Ledakan Smartphone, Ini Penyebabnya

Seorang Remaja Tewas Akibat Ledakan Smartphone, Ini Penyebabnya

Peristiwa ledakan smartphone sering terjadi dan dialami oleh orang-orang di beberapa tempat, bahkan dari sekian banyak kejadian banyak pula yang merenggut nyawa. (Foto: Ilustrasi ledakan smartphone - Ist).

NEWDELHI, dawainusa.com Seorang remaja berusia 19 tahun di Desa Kheriakani, Odisha, India bagian timur meninggal dunia karena smartphone yang digunakannya meledak. Dilansir Daily Mail, peristiwa tragis itu terjadi saat dirinya menelepon sambil smartphone nokia-nya mengisi daya alias di-charge.

Kakak laki-lakinya, yakni Durga Prasad Oram menuturkan, adik perempuannya itu menelepon salah seorang keluarga di kota lain di negara itu. Peristiwa itu terjadi setelah makan siang.

Baca juga: Politisi PPP Ditemukan Tewas Telanjang di Tempat Waria

Karena smartphone yang dimiliki adiknya itu kehabisan daya, remaja itu pun menelepon sambil mengisi daya. Namun, ternyata itu berakibat fatal baginya.

“Saat baterai ponsel itu habis, dia melakukan pengisian sambil berbicara secara bersamaan. Sebelum kami menyadari apa yang sebenarnya terjadi, Uma jatuh pingsan. Dia dinyatakan meninggal di rumah sakit,” ujarnya.

Gadis yang bernama Uma Oram itu dilaporkan mengalami luka bakar pada sekujur tubuhnya, terutama di bagian tangan, dada dan kaki.

Nokia Turut Belangsungkawa

Atas kematian tragis yang dialami remaja 19 tahun itu, perusahan Nokia menyampaikan turut belangsungkawa. Pasalnya, gadget yang merenggut nyawa gadis tersebut ber-mark nokia 5233 yang diluncurkan pada tahun 2010.

“Meskipun kami belum bisa memverifikasi fakta dari salah satu laporan ini secara independen, kami dapat memastikan bahwa ponsel yang dimaksud tidak diproduksi atau dijual oleh HMD Global, rumah baru ponsel Nokia, yang didirikan pada tahun 2017 untuk membuat berbagai perangkat Nokia baru,” ujar juru bicara Nokia.

Baca juga: Demi Beli Ponsel Anak, Seorang Ibu di Surabaya Rela Jual Ginjalnya

Jubir perusahaan itu mengatakan, perusahaannya bertekad membuat hadset yang berkualitas tingggi guna mengantisipasi kasus serupa terjadi. Hal itu juga dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi seluruh konsumen.

“Sebagai HMD Global, kami berkomitmen untuk memproduksi handset berkualitas tinggi yang memberikan pengalaman pengguna yang kuat dan memenuhi harapan pelanggan yang tinggi,” imbuhnya.

Sejumlah Peristiwa Ledakan Smartphone

Peristiwa serupa juga sering terjadi dan dialami oleh orang-orang dibelahan bumi lainnya. Berikut dawainusa.com, menghimpun sejumlah peristiwa “gadget makan tuan” yang pernah terjadi.

Pertama, wanita Tiongkok bernama Ma Ailun. Ia terbiasa menerima telepon saat iPhone-nya sedang diisi daya. Namun, suatu hari, Ma menerima telepon dan tersengat listrik.

Saksi mengatakan, saat tersengat listrik, Ma langsung jatuh ke lantai dan meninggal di tempat sebelum sempat mendapat pertolongan medis.

Kedua, Gopal Gujjar, pria asal India, yang meninggal dunia gara-gara ponsel yang dipakainya meledak saat sedang digunakan untuk menelepon.

Baca juga: Bermain Senjata Api Milik Sang Ayah, Dua Bocah Ini Tewas Mengenaskan

Kejadian itu berlangsung di ladang tepatnya saat Gujjar menggembala ternaknya. Polisi yang menyelidiki pun mendapati Gujjar tergeletak di ladang dengan ponselnya yang sudah berserakan. Wajah dan tubuh Gujjar mengalami luka bakar hingga telinga, kepala, leher dan bahunya.

Ketiga, pada tahun 2009, seorang pria ditemukan tewas karena ponsel yang meledak di Guangzhou, Cina. Pekerja toko tersebut baru saja selesai mengisi baterai ponsel sebelum memasukkannya ke dalam saku bajunya.

Seorang saksi mata mengaku mendengar suara letusan keras dan saat berbalik, ia sudah melihat rekan kerjanya berlumuran darah di lantai.

Keempat, seorang remaja putri asal Riacho Frio, Brasil. Ia ditemukan tergeletak tak bernyawa di rumahnya. Kematian remaja berusia 17 tahun itu diduga disebabkan oleh sengatan listrik yang berasal dari ponsel miliknya.

Menurut keterangan, tubuh remaja bernama Luiza Fernanda ditemukan terbaring di lantai pada Minggu (18/2/2018) sore. Di dekatnya, terdapat ponsel miliknya dalam keadaan tersambung dengan charger yang terhubung soket listrik. Lebih mengejutkan lagi, ponsel itu ditemukan dalam kondisi meleleh.*

COMMENTS