Riset YouGov Soal Orang-orang Indonesia yang Paling Dikagumi Dunia

Riset YouGov Soal Orang-orang Indonesia yang Paling Dikagumi Dunia

Pada tahun ini, sebuah riset YouGov melalukan penelitian pada 35 negara dan mewawancarai lebih dari 37.000 orang untuk mencari daftar nama pria dan wanita yang paling dikagumi masyarakat global. (Foto: Orang-orang Indonesia yang dikagumi dunia - ist)

JAKARTA, dawainusa.com Pada tahun ini, sebuah riset YouGov melalukan penelitian pada 35 negara dan mewawancarai lebih dari 37.000 orang untuk mencari daftar nama pria dan wanita yang paling dikagumi masyarakat global.

Dari hasil penelitian tersebut, YouGov menunjuk Bill Gates dan Angelina Jolies sebagai pria dan wanita yang paling dikagumi oleh masyarakat dunia.

Bill Gates dikagumi karena berhasil merintis teknologi dan filantropis. Sementara, Angelina Jolie dipilih sebagai entertainer dan pekerja kemanusiaan.

Baca juga: Klaim Amien Rais soal Dukungan Para Ulama kepada Prabowo

Riset YouGov juga menyebut Indonesia. Dari hasil penelitian YouGov terdapat beberapa nama pria dan wanita dari Indonesia yang berhasil mendapatkan kekaguman dari masyarakat global. Dilansir Merdeka, berikut ialah nama-nama tersebut.

Bagaimana dengan Indonesia?

Bacharuddin Jusuf Habibie

Nama Bacharuddin Jusuf Habibie tidak perlu diragukan lagi. Mantan Presiden RI ke-3 dan Wakil Presiden Indonesia ke 7 ini memiliki segudang prestasi yang patut ditiru dan diteladani oleh masyarakat Indonesia. Karena itu, tidak berlebihan apabila YouGov memilihnya sebagai orang paling dikagumi di Indonesia.

Habibie mulai menjalankan studi dengan mengambil jurusan teknik mesin di Institut Teknologi Bandung (ITB). Setelah menyelesaikan studi di tempat itu, ia kemudian melanjutkan studinya ke Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule – Jerman pada 1955.

Lalu dia menghabiskan 10 tahun untuk menyelesaikan studi S-1 hingga meraih gelar doktor konstruksi pesawat terbang di Jerman dengan predikat Summa Cum Laude.

Setelah lulus, peraih penghargaan bergengsi Theodore van Karman Award itu bekerja di industri pesawat terbang terkemuka MBB Gmbh Jerman, sebelum memenuhi panggilan Presiden Soeharto untuk kembali ke Indonesia.

Presiden RI Ir. Joko Widodo atau Jokowi

Presiden RI ke- 7 Joko Widodo pernah menempuh pendidikan dasar hingga menengah di Kota Solo. Setelah itu, ia melanjutkan studinya di Universitas Gadjah Mada. Setelah menyelesaikan kuliahnya, pria ini memilih untuk bekerja pada sebuah perusahaan. Namun tidak bertahan lama dan memilih untuk meneruskan usaha mebel yang dimiliki oleh keluarga.

Pada 2005 Jokowi terpilih menjadi walikota Solo. Sudah banyak prestasi yang diborong, hingga dilirik untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta. Tepat pada 2012, Jokowi dicalonkan menjadi Gubernur Jakarta.

Tak sampai di situ saja, karena aktivitas yang sibuk, banyak media yang menyoroti kinerja Jokowi yang ‘tak biasa’. Hingga Jokowi semakin dikenal oleh masyarakat. Berkat popularitas yang semakin meningkat, banyak warga yang ingin Jokowi maju sebagai presiden. Permintaan itu terkabul, Jokowi menjadi Presiden Ri ke-7 periode 2014-2019.

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

Mantan Wakil dan Gubernur DKI Jakarta dan mantan Bupati Belitung Timur ini memiliki kontroversi karena gaya kepemimpinannya yang tegas. Dia pernah berkuliah di Universitas Trisakti dengan mengambil Jurusan Teknik Geologi di Fakultas Teknik Mineral.

Setelah lulus dan mendapatkan gelar Insinyur Geologi, Ahok mendirikan CV Panda yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan PT Timah. Setelah itu, ia kemudian melanjutkan kuliah di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya.

Dalam dunia politik, banyak lika-liku yang dilewati Ahok. Tahun 2004, Ahok bergabung dengan Partai Perhimpunan Indonesia Baru (Partai PIB) sebagai ketua DPC PIB Kabupaten Belitung. Pada Pemilu 2004, dia terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Belitung hingga tahun 2009.

Setahun kemudian, Ahok menjabat sebagai Bupati Belitung Timur. Namun, pada 22 Desember 2006, Ahok resmi mengundurkan diri dari pemerintahan. Setelah itu, pada 2012 bersama dengan Joko Widodo, Ahok menjabat sebagai Wagub DKI Jakarta.

Ahok bercita-cita membenahi sistem transportasi Jakarta, meneruskan proyek pencegahan banjir, reklamasi, dan memperbanyak jumlah busway khusus bagi orang cacat, anak-anak dan perempuan. Bahkan monorel serta kereta gratis yang menghubungkan Blok M sampai Monas juga akan diadakan.

Susi Pudjiastuti 

Menteri Kelautan dan Perikanan RI pada kabinet Jokowi 2014 sampai 2019 ini memiliki banyak kontroversi. Kalimat ‘tenggelamkan’ sering diucapkannya ketika ada kapal asing ilegal yang menangkap ikan di wilayah perairan laut Indonesia. Dalam riset YouGov, Susi menjadi wanita paling dikagumi di Indonesia dengan skore 13,70 persen.

Sebelum dilantik, Susi melepas semua posisinya di perusahaan penerbangan Susi Air dan beberapa posisi lainnya, termasuk Presiden Direktur PT. ASI Pudjiastuti yang bergerak di bidang perikanan serta PT ASI Pudjiastuti Aviation yang bergerak di bidang penerbangan untuk menghindari konflik kepentingan antara dirinya sebagai menteri dan sebagai pemimpin bisnis.

Agnez Monica atau Agnez Mo

Agnez Monica salah satu artis dengan followers media sosial terbesar di Indonesia. Karier Agnez Mo berawal dari penyanyi cilik dan aktris Indonesia. Tahun 2005, Agnes membintangi sejumlah judul sinetron seperti ‘Ku Tlah Jatuh Cinta’, ‘Pink’ dan ‘Kawin Muda’. Dia juga sempat berakting di serial Taiwan, The Hospital (bersama Jerry Yan) dan Romance In The White House (bersama Peter Ho).

Menginjak remaja, Agnes aktif merilis album. Mulai dari And the Story Goes (2003), Whaddup A’..?! (2005), Nez (2008), Sacredly Agnezious (2009) dan Agnes Is My Name (2011).

Tanggal 21 November 2010, Agnes mendapat kehormatan sebagai salah satu pembawa acara American Music Awards 2010 yang diselenggarakan di Nokia Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat. Tentu, masih banyak prestasi lain yang dimiliki oleh artis ini.

Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani merupakan salah satu sosok wanita dengan segudang prestasi di Indonesia dan diakui di dunia Internasional. Beliau merupakan Tokoh Wanita Indonesia dan juga Pakar Ekonomi Indonesia. Ia berkuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia lulusan S1 tahun 1986 dan Master dan Doktor di University of Illinois Urbana-Champaign, USA.

Sri Mulyani menjabat sebagai Menteri Keuangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (2005-2010), kemudian menjabat sebagai salah satu dari tiga direktur pelaksana Bank Dunia pada 2010. Lalu Sri Mulyani pulang ke Indonesia dan kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan pada kabinet kerja di era Presiden Jokowi sejak 2016 sampai sekarang.

Tri Rismaharini

Walikota Surabaya yang satu ini dikenal dengan pemimpin yang tegas. Dia tidak segan untuk menengok beberapa kelurahan maupun kecamatan di Surabaya. Jika ada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mangkir dari tugas, maka Risma langsung menegur pegawai tersebut.

Beberapa program dia usungkan, seperti pembangunan fisik yang mencakup infrastruktur, taman, pusat usaha dan pertanian, pusat rehabilitasi, fasilitas bagi anak yatim, orang jompo dan anak-anak berkebutuhan khusus serta mengubah pusat prostistusi menjadi komplek usaha.

Sedangkan pembangunan nonfisik yang telah dilakukannya antara lain program rehabilitasi terhadap wanita tuna susila, anak jalanan, orang gila, menertibkan para pengamen dengan memberi mereka panggung khusus dan bayaran sebesar Rp 2 juta setiap kali tampil.

Anggun C Sasmi

Penyanyi berketurunan Indonesia-Perancis ini menjadi wanita yang paling dikagumi di Indonesia. Ia mengawali kariernya dengan tampil di panggung Ancol pada usia tujuh tahun, lalu merekam album anak-anak dua tahun kemudian.

Kini wanita berdarah Jawa dan masih kerabat Keraton Yogyakarta ini merupakan penyanyi Indonesia pertama yang berhasil menembus industri musik internasional dan album-albumnya telah meraih penghargaan gold dan platinum di beberapa negara Eropa.

Beberapa penghargaan telah diraih Anggun atas pencapaiannya, termasuk di antaranya anugerah prestisius Chevalier des Arts et Lettres dari pemerintah Prancis dan World’s Best Selling Indonesian Artist dari World Music Awards sebagai artis Indonesia dengan penjualan album tertinggi di seluruh dunia.

Anggun juga telah dua kali didaulat menjadi duta global Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yaitu untuk program Mikrokredit pada tahun 2005 dan Food and Agriculture Organization (FAO) pada tahun 2009.*

COMMENTS