Restu Masyarakat Adat Timor untuk Paket Harmoni

Restu Masyarakat Adat Timor untuk Paket Harmoni

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur NTT Benny K Harman dan Benny Alexander Litelnoni mendapat restu dari masyarakat adat Timor untuk bertarung dalam Pilgub NTT pada 27 Juni mendatang. (Foto: Benny K Harman dan Benny Litelnoni mendapatkan tumpangan tangan dari sejumlah Meo - Pos Kupang)

KUPANG, dawainusa.comPasangan calon gubernur dan wakil gubernur NTT Benny K Harman dan Benny Alexander Litelnoni mendapat restu dari masyarakat adat Timor untuk bertarung dalam Pilgub NTT pada 27 Juni mendatang.

Restu dan dukungan tersebut ditandai lewat serangkaian upacara adat di halaman Sonaf Tob Atolan Funtabaunok An Bi Pah Timor, Kelurahan Oebufu, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Minggu (10/6).

Acara diawali oleh peletakan lilin utama di atas sebuah mimbar oleh Yoseph Ariyanto Ludoni, pemimpin beberapa Meo (sebutan untuk prajurit perang dari Timor), kemudian diikuti oleh sejumlah Meo yang meletakkan lilin mengelilingi mimbar, serta peletakan lilin oleh kedua pasangan calon tersebut.

Baca juga: Politisi Senior PDIP Alihkan Dukungan ke Benny K Harman

Sebelum meletakkan lilin di atas sebuah meja di depan Sonaf, Benny K Harman dan Benny Litelnoni mendapatkan tumpangan tangan dari seluruh Meo sebagai bentuk restu terhadap keduanya. Dalam acara ini, Yoseph menekankan bahwa semua tim sukses, termasuk pasangan calon ini telah bekerja keras dan masyarakat akan segera memilih.

Sebelum mereka terpilih nanti, semua Meo telah merestui dan menetapkan pilihan mereka kepada pasangan ini. Restu ini juga ditandai dengan dikenakannya sejumlah kain serta aksesoris dari Timor yang menobatkan keduanya sebagai raja yang akan mereka kawal dalam pemilihan gubernur tahun ini.

“Kita sengaja menandai ritual ini dengan lilin supaya pasangan ini mengalami cahaya adat yang beradab, beradat, dan berbudaya. Pertemuan di sini bukan tanpa dasar, tapi yang ilahi telah merestui dan memberi jalan untuk melaksanakan ritual adat ini,” kata Aryanto seperti yang dikutip Pos Kupang.

Ariyanto berpesan agar kedua tokoh ini tetap rendah hati di tanah sendiri, sebab takdir telah berpihak pada keduanya. Dia juga berharap agar pasangan calon gubernur ini senantiasa berpihak pada rakyat kecil dan tidak berpihak pada jabatan.

Jadi Cahaya untuk NTT

Pada kesempatan itu, Benny K Harman dan Benny Litelnoni menyampaikan berlimpah terima kasih kepada semua yang telah mendukung mereka, terutama atas restu dari beberapa Meo yang hadir saat ini. Keduanya merasa diberi keleluasaan untuk menjadi pemimpin di NTT.

“Kami menyalakan lilin yang menjadi sumber utama semua pejabat, sebagai dasar, dan juga menjadi tujuan untuk maju dalam Pilgub NTT kali ini,” kata Benny.

Baca juga: Pengamat Politik: Flores Jadi Penentu Utama Pilgub NTT

“Lilin itu juga menjadi tanda bahwa kami diperkenankan untuk membawa terang cahaya ke NTT dan raja telah memberi kami lilin yang akan kami bawa ke seluruh masyarakat NTT. Kami memohon dukungan supaya lilin tetap bercahaya dan kami mampu membawa NTT menjadi lebih baik, lebih terang”, lanjutnya.

Benny menambahkan, keharmonisan dan kebhinekaan menjadi dasar bagi semua manusia, sebab dari sanalah manusia menerima rahmat di atas perbedaan. Menurutnya, siapapun harus memiliki dasar yang harmonis dan pasangan calon gubernur ini telah menerima landasan atau dasar yang kuat dari seluruh masyarakat NTT, secara khusus dari pemangku adat di Pulau Timor.

Jangan Lupa Dukung Paket Harmoni

Sebelumnya, paket Harmoni juga mendapat restu dari masyarakat di desa Meusin, kecamatan Boking, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Pada waktu itu, Benny Litelnoni menitipkan pesan kepada warga yang sudah sangat dikenalnya untuk mendukung dirinya bersama Cagub Benny K Harman pada Pilgub 2018 mendatang.

“Jangan lupa dukung paket Harmoni,” ujar Benny, sembari dijawab warga; “Itu pasti Bapak.”

Baca juga: Pilgub NTT, Trik Memaksa hingga Potensi Serangan Fajar

Setelah itu, Benny kemudian langsung memaparkan visi misi serta program unggulan paket Harmoni. Saat itu dia berjanji akan membantu listrik baik melalui jaringan PLN maupun tenaga surya untuk desa tersebut, apabila terpilih memimpin NTT.

“Salah satu program paket Harmoni adalah Desa Menyala. Kami pasti akan bantu,” ungkap Benny.

Warga yang mendengar itu nampak memberi sinyal restu kepada paket Harmoni. “Pilih nomor tiga, paket Harmoni,” teriak warga secara serempak.

Salah seorang warga, Timotius Tahy secara blak-blakan meyatakan dukungan kepada paket Harmoni. Dia juga memberi pesan agar memperhatikan berbagai masalah yang selama ini dihadapi warga setempat yakni listrik, air bersih, jalan, rumah tidak layak huni, serta kemiskinan.

“Kami akan dukung dan menangkan paket Harmoni,” ujar dia.*

COMMENTS