Prabowo Maju Capres, Koalisi Partai Pendukung Jokowi Rapatkan Barisan

Prabowo Maju Capres, Koalisi Partai Pendukung Jokowi Rapatkan Barisan

Setelah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendeklarasikan diri akan maju bertarung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, koalisi partai pendukung Presiden Jokowi semakin merapatkan barisan. (Foto: Prabowo Subiyanto - ist)

JAKARTA, dawainusa.com Setelah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendeklarasikan diri akan maju bertarung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, koalisi partai pendukung Presiden Jokowi semakin merapatkan barisan.

Berbagai strategi untuk memenangkan Pilpres juga terus dimaksimalkan agar mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut kembali menahkodai Negara Kesatuan Republik Indonesia ini untuk yang kedua kalinya.

Berdasarkan keterangan Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo, kesiapan Prabowo Subianto untuk bertarung melawan Jokowi dalam Pilpres 2019 membawa mereka pada titik terang terkait peta politik di Indonesia saat ini.

Baca juga: Pemprov NTT Tawarkan Peluang Investasi di Bidang Kelautan kepada Tiga Negara

Karena itu, Bambang menerangkan, koalisi partai pendukung Presiden Jokowi tengah merancang berbagai strategi untuk memenangkan Jokowi. Mereka, jelasnya, semakin solid untuk menghadapi Pilpres 2019 tersebut.

“Kami sebagai partai pendukung Pak Jokowi sudah bisa melakukan pemetaan dalam rangka menyusun strategi bagaimana memenangkan Pak Jokowi untuk periode dua berikutnya,” kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/4).

Selain mengatakan demikian, Bambang juga meminta agar setiap partai pendukung mesti dapat menjaga situasi yang kondusif menghadapi Pilpres tersebut. Ia berharap agar tidak ada kekisruhan politik di antara partai koalisi jelang pendaftaran calon pada Agustus 2018.

“Tentu kalau di koalisi Pak Jokowi kami semakin solid hubungan antarpartai sudah kita jalin sejak beberapa waktu lalu. Semoga saja dengan deklarasi Pak Prabowo peta politik kita menunju pilpres semakin jelas dan tidak ada lagi kekisruhan politik karena calon kami sudah jelas,” tutur Bambang.

PPP Siap Menangkan Jokowi

Ungkapan senada juga disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul sani. Ia mengatakan, PPP sudah selalu siap untuk mendukung dan memenangkan Jokowi dalam Pilpres 2019 tersebut.

“Kalau soal koalisi pendukung Pak Jokowi siap atau tidak siap, ya harus siap. Tidak ada pilihan lain kecuali harus siap dan saya kira konsolidasi di antara kami, partai-partai koalisi yang sudah menetapkan pencapresan kembali Pak Jokowi itu terus berlangsung,” ungkap Arsul.

Baca juga: Perjuangan Alpin dan Ironi Tanggung Jawab Orang Tua

Selain itu, Arsul juga mengatakan agar dalam pertarungan menghadapi pilpres tersebut, setiap pasangan calon mesti tetap menjaga integritas dan rasionalitas Pemilu. Ia menegaskan agar hal-hal terkait identitas seperti Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA) tidak boleh dieksploitasi untuk kepentingan politik.

“Kalau soal koalisi pendukung Pak Jokowi siap atau tidak siap, ya harus siap. Tidak ada pilihan lain kecuali harus siap dan saya kira konsolidasi di antara kami, partai-partai koalisi yang sudah menetapkan pencapresan kembali Pak Jokowi itu terus berlangsung,” ujar Arsul.

“Saya kira ini yang mesti para elite politik baik yang ada di koalisi pendukung Pak Jokowi maupun koalisi pendukung Prabowo untuk sama-sama membuat langkah pendinginan,” lanjut Arsul.

Lima Partai Pendukung Jokowi

Adapun sampai saat ini, sudah ada lima partai telah secara resmi menyatakan sikap untuk mendukung dan memenangkan Jokowi dalam Pilpres 2019. Lima partai tersebut ialah PDI Perjuangan, Golkar, PPP, Hanura dan NasDem.

Sementara itu, belakangan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga mensinyalir akan mendukung Jokowi menjadi Presiden. Akan tetapi, dukungan tersebut diberikan dengan syarat, yakni Jokowi harus memilih Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai calon wakilnya.

Baca juga: Tiga Negara Ini Bahas Kerja Sama Pariwisata di Labuan Bajo

Sementara di pihak lain, Partai Gerindra telah secara resmi mendukung Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019. Prabowo sendiri telah mengatakan siap bertarung dalam pilpres tersebut.

“Dengan segala tenaga saya, jiwa dan raga saya, seandainya partai memerintahkan saya maju dalam pemilihan presdien yang akan datang, saya siap melaksanakan,” kata Prabowo Subianto dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) untuk membahas Pilpres 2019 di kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (11/4).*

COMMENTS