Inilah Persentase Kelulusan Pelajar SMA Wilayah XIII NTT

Inilah Persentase Kelulusan Pelajar SMA Wilayah XIII NTT

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Pemprov NTT Wilayah XIII Amatus Peta mengaku bersyukur atas keberhasilan UN tahun ini. (Foto: Seorang siswa SMA sedang mengerjakan soal UN - quipper).

ENDE, dawainusa.com Pengumuman persentase kelulusan untuk pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Atas Kejuruan (SMAK) di Wilayah XIII NTT telah diterima pada Kamis (3/5). Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Pemprov NTT Wilayah XIII Amatus Peta mengaku bersyukur atas keberhasilan UN tahun ini.

Ia menerangkan, pada tahun ajaran 2017/2018 ini ketiga kabupaten di wilayah III tersebut, yakni Kabupaten Ende, Kabupaten Nagekeo dan Kabupaten Ngada berhasil meraih persentase kelulusan sebesar 98 persen.

Baca juga: SMK Bina Mandiri Labuan Bajo Berhasil Laksanakan UNBK

“Kita patut bersyukur angka kelulusan tahun ini baik, ini merupakan hasil kerja keras semua pihak khususnya sekolah-sekolah,” jelas Peta kepada Dawai Nusa, Jumat (4/5).

Peta mengatakan, hasil kelulusan itu sudah diterima pada Kamis (3/5) kemarin, tetapi baru dipublikasikan sore ini. Hal itu terjadi karena, pada tahun ini, hasil kelulusan itu dikembalikan ke setiap sekolah.

Karena itu, pihak UPT mesti menunggu hasil dari setiap sekolah tersebut untuk dikalkulasi lebih lanjut guna mendapatkan persentase kelulusan di setiap kabupaten.

Rincian Persentase Kelulusan

Adapun Peta membeberkan persentase kelulusan dari setiap kabupaten tersebut sebagai berikut. Untuk Kabupaten Ende, terang Peta, persentase kelulusan mencapai 98,87 persen dari seluruh peserta yang mengikuti UN berjumlah 3.042 pelajar. Artinya, ada 3.016 pelajar yang dinyatakan lulus untuk tahun ini.

Untuk Kabupaten Ngada, peserta yang mengikuti UN berjumlah 1.788 pelajar dan yang dinyatakan lulus berjumlah 1783, sehingga persentase kelulusan di kabupaten ini mencapai 99,67 persen.

Baca juga: Peserta UN Kesulitan Kerjakan Soal, Mendikbud Target Standar Internasional

Sementara untuk persentase kelulusan dari Kabupaten Nagekeo mencapai 1.627. Dari angka tersebut yang dinyatakan lulus berjumlah 1.620 pelajar sehingga persentasenya mencapai 99,42 persen siswa yang dinyatakan lulus.

Total keseluruhan peserta UN di tiga kabupaten tersebut berjumlah 6.457, yang dinyatakan lulus, berjumlah 6.419 siswa. Dengan hasil ini, maka diperoleh total keseluruhan persentase di tiga kabupaten tersebut ialah berjumlah 99,35 persen.

Tentang UN Tahun Ajaran 2017/2018

Untuk diketahui, hasil persentase kelulusan untuk tingkat SMA/SMK tahun pelajaran 2017/2018 sudah diketahui pada Kamis (3/5) kemarin. Adapun pelaksanaan Ujian Nasional 2018 yang digelar pada 2-5 April untuk SMK dan pada 9-12 April untuk SMA/MA ini dibagi dalam dua moda, yakni kertas dan pensil (UNKP) dan berbasis komputer (UNBK). Selain mengikuti UN, para siswa juga wajib mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN).

Berdasarkan data Kemendikbud, pada tahun ini Ujian Nasional tersebut diikuti oleh 8,1 juta peserta didik dan 96 ribu satuan pendidikan. Sementara metode UN melalui UNBK tahun ini mencapai 78 persen dari seluruh pelaksanaan UN untuk SMK/SMA/MA sederajat dan SMP/MTs sederajat.

Baca juga: Klaim Frans Lebu Raya Soal Kualitas Pendidikan di NTT

“Tahun ini UNBK meningkat signifikan dari tahun lalu. Total 78 persen sudah menyelenggarakan UNBK dan ada 16 provinsi yang siap menyelenggarakan 100 persen UNBK SMA sederajat seperti DKI Jakarta, Aceh bahkan provinsi terbaru Kalimantan Utara,” jelas Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan Kemendikbud Bambang Suryadi di Jakarta, Selasa (13/3).

Dari jumlah peserta UN secara keseluruhan, tercatat, ada 6.293.552 peserta didik yang mengikuti UNBK. Jumlah ini meningkat dari peserta UNBK tahun lalu, yakni sebanyak 3,7 juta siswa. Hal ini terjadi karena fasilitas yang tersedia juga semakin meningkat. “Ada resource sharing misalnya milik SMA digunakan SMK dan sebaliknya, karena jadwalnya berbeda,” jelas Bambang.*(AR)

COMMENTS