Ini Hasil Survei Elektabilitas Jokowi dan Prabowo di Jatim

Ini Hasil Survei Elektabilitas Jokowi dan Prabowo di Jatim

Lembaga Survei Charta Politica merilis hasil survei terhadap  pengaruh pemilihan Gubernur (pilgub) Jawa Timur 2018 dengan pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. (Foto: Jokowi & Prabowo - ist)

JAKARTA, dawainusa.com – Pada tanggal 3-8 Maret kemarin, Lembaga Survei Charta Politica merilis hasil survei terhadap  pengaruh pemilihan Gubernur (pilgub) Jawa Timur 2018 dengan pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

“Jokowi unggul dengan 58,7% sementara Prabowo 26,7%,” kata Direktur Eksekutif Charta Politica Indonesia Yunanto Wijaya saat memaparkan hasil survei di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta Selatan (21/3.)

Sebanyak 14,6% pemilih kata Yunanto menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab. Hasil tersebut naik jika dibandingkan hasil suara Jokowi pada Pilpres 2014.

“Kecenderungan Jokowi suaranya naik dan agak jauh. Karena sekitar setengah,” ujarnya.

Baca juga: Prabowo Jadi Pesaing Kuat, Elektabilitas Joko Widodo Menurun

Charta Politika melakukan simulasi dengan menyebar kertas suara ke 1.200 responden dengan pertanyaan jika Pilpres dilakukan hari ini siapa yang dipilih antara Jokowi dan Prabowo.

Adapun hasil survei terhadap calon gubernur dan calon wakil gubernur di Pilkada Jatim 2018,  pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno unggul dengan elektabilitas 44,8%, menyusul di bawahnya pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak 38,1%.

“”Simulasi kertas suara, dengan pertanyaannya ketika pilkada dilakukan hari ini. Kalau kita lihat angkanya, berbeda 6,7%. Gus Ipul-Puti unggul 44,8%, Khofifah-Emil 38,1%. Yang tidak tahu tidak jawab 17,1%,” kata Yunanto.

Ada juga survei cagub/cawagub sebagai individu bukan pasangan berdasarkan perbandingan popularitas dan kesukaan. Hasilnya, elektabilitas Khofifah tertinggi.

“Kalau kita lihat dua nama, Khofifah dan Gus Ipul, tingkat pengenalannya sudah mentok. Angkanya di atas 90%. Khofifah 92,9%, Gus Ipul 91,7%. Hampir semua sudah tahu nama ini. Sementara dua nama di tingkat wakil keduanya belum menembus setengah yang mengenal nama cagubnya. Emil 50,7% dan Puti Guntur 42,2%. Kedua-duanya secara tingkat pengenalan jauh dari mumpuni,” paparnya

Pemilih Jokowi Pro Khofifah, Pemilih Prabowo Pro Gus Ipul

Hasil survei elektabilitas berdasarkan pilihan calon presiden 2019, pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak cenderung dipilih oleh para pendukung Presiden Joko Widodo.

“Bila dipetakan, elektabilitas kandidat berdasarkan pilihan calon presiden, pemilih Jokowi cenderung lebih banyak memilih Khofifah-Emil Dardak (48,8%) dibandingkan memilih Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur,” kata Yunarto.

Baca juga: Pilpres 2019, Prabowo Masih Pikir-pikir untuk Maju

Sedangkan untuk pasangan Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno dipilih oleh pendukung Ketum Gerindra Prabowo Subianto, dengan persentase 47,70%.

“Sementara itu, pemilih yang memilih Prabowo lebih banyak milih Syaifullah Yusuf-Puti Guntur dibandingkan memilih Khofifah-Emil,” lanjutnya.

PPP sebagai salah satu partai pendukung Khofifah dan Emil Dardak memberikan tanggapan atas hasil survei tersebut. PPP memandang hasil survei tersebut merupakan sebuah jawaban bahwa pemilih di Jatim lebih mengedepankan kemantapan sosok.

“Itulah jawabannya. Ini sebetulnya kan menarik karena di Jatim itu kita kenal provinsi yang sebetulnya nilai-nilai agamisnya kan sangat kuat. Kemudian juga nilai-nilai kaum nasionalisnya juga sangat kuat. Tetapi ternyata termungkinkan bagi mereka untuk memilih bukan yang diusung oleh partainya dalam proporsi yang sangat tinggi,” ujar Sekjen PPP Arsul Sani di kesempatan yang sama.

Hasil Survei Berdasarkan Pilihan Calon Presiden

Berikut hasil survei terhadap cagub-cawagub Jatim berdasarkan pilihan Calon Presiden 2019 dengan dua kandidat, Jokowi dan Prabowo:

Pemilih Jokowi

Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak: 48,80%
Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur: 13,20%

Pemilih Prabowo

Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak: 40,50%
Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur: 47,70%

Tidak Jawab Pilihan Capres

Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak: 26,60%
Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur: 19,00%

COMMENTS