Gantikan Viktor Laiskodat, Jacky Uly Dilantik Jadi Anggota MPR

Gantikan Viktor Laiskodat, Jacky Uly Dilantik Jadi Anggota MPR

Adapun, mantan Kapolda NTT dan Kapolda Sulawesi Utara tersebut dilantik untuk menggantikan Ketua Fraksi NasDem DPR RI Viktor Bungtilu Laiskodat yang saat ini mengikuti kontestasi politik dalam Pemilihan Gubernur NTT. (Foto: Jacky Uly satt dilantik menjadi anggota MPR RI - Pos Kupang)

JAKARTA, dawainusa.com  Pergantian Antar Waktu (PAW) DPR RI Daerah Pemilihan Nusa Tenggara Timur (Dapil NTT) 2 Irjen Pol (Purn) Drs Y. Jacky Uly, MH resmi dilantik melaui upacara pengambilan sumpah jabatan sebagai anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) di Jakarta, Selasa (10/4).

Pengambilan sumpah dan janji tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 42/P Tahun 2018, 45/P Tahun 2018, 46/P Tahun 2018, 47/P Tahun 2018, dan 50/P Tahun 2018 tanggal 14 Maret 2018, dan Nomor 57/P Tahun 2018 tanggal 16 Maret 2018.

Jacky Uly yang juga adalah Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem NTT tersebut dilantik oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan di Ruang Delegasi Pimpinan MPR RI Gedung Nusantara V Senayan Jakarta.

Baca juga: Alasan di Balik Beralihnya Kader PDIP NTT Ke Benny K. Harman

Adapun, mantan Kapolda NTT dan Kapolda Sulawesi Utara tersebut dilantik untuk menggantikan Ketua Fraksi NasDem DPR RI Viktor Bungtilu Laiskodat yang saat ini mengikuti kontestasi politik dalam Pemilihan Gubernur NTT.

Fraksi Partai NasDem DPR RI memberikan tugas kepada Jacky Uly untuk duduk di Komisi I DPR RI. Komisi ini terkait dengan urusan pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika, dan intelijen. Mitra utama komisi ini ialah Kementerian Pertahanan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Panglima TNI/Mabes TNI AD, AL dan AU.

Selain itu Komisi I ini juga bermitra dengan Badan Intelijen Negara (BIN), Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas), Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Juga Komisi Informasi Pusat (KI Pusat); Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI); Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI); Dewan Pers; Perum LKBN Antara; Lembaga Sensor Film (LSF); dan Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Perkuatkan Persatuan Bangsa

Dalam upacara pengambilan sumpah jabatan tersebut, terdapat sepuluh anggota Pergantian Antar Waktu yang telah dilantik. Mereka ialah E Nurul Khotimah dari fraksi PKS, Drs Abdul Hakam Naja, M.Si dari Fraksi PAN, Drs Sudiro Asno, Ak, dari Fraksi Partai Hanura, Dja’far Shodiq dan Drs Y. Jacki Uly MH dari Fraksi Partai Nasdem.

Selain itu, juga ada Ir H. Nur Yasin MBA, MT dari Fraksi PKB, Faisol Reza dari Fraksi PKB, Mafirion, Lilis Santika, dan Lukmanul Hakim dari Fraksi PKB. Sementara dua anggota lainnya, yakni Aryanto Munawar dan HM Anwar Rachman, SH, MH belum sempat dilantik karena berhalangan.

Baca juga: Ingin Surplus Beras, NTT Harus Fokus Tingkatkan Produktivitas Sawah

Kepada sepuluh anggota MPR PAW yang haidr dalam acara pelantikan tersebut, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menegaskan agar kehadiran mereka dapat membawa dampak signifikan bagi keberadaan lembaga MPR secara khusus dalam tugasnya untuk memperkuatkan persatuan bangsa.

“Kehadiran saudara semoga bisa membantu tugas MPR memperkuat persatuan,” kata Zulkifi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/4).

Menurut Zulkifi, tugas ini sangat penting apalagi dalam tahun ini, negara Indonesia akan mengahdapi tahun politik, yakni adanya Pilkada Serentak yang akan digelar di 171 daerah di seluruh Indonesia.

“Tugas berat menanti kita. Apalagi memasuki tahun politik. Pilihan boleh beda, partai politik boleh beda, tapi Merah Putih kita tetap sama. Selamat datang, selamat bertugas,” terang Zulkifi.

Pernah Diusul Menjadi Cagub NTT

Sebelumnya, pada September 2017 lalu, Jacky Uly sempat diusul oleh Partai NasDem untuk maju sebagai calon gubernur NTT untuk periode 2018-2023.

Pengusulan nama Jacky Uly sebagai calon gubernur NTT disampaikan oleh Ketua DPP Partai NasDem Vicktor Bungtilu Laiskodat yang saat ini sudah secara resmi didukung oleh NasDem untuk bertarung sebagai calon gubernur dalam Pilgub tersebut.

Baca juga: Pilgub NTT, PKS: Kami Titip Pa Benny Ayomi Semua Pemeluk Agama

“Kader Partai Nasdem akan mengajukan kadernya menjadi calon Gubernur NTT. Dan kita akan dorong pa Jacky Uli,” kata Laiskodat setelah mengikuti konsolidasi pengurus DPD sedaratan Flores di Labuan Bajo, Kamis (7/9).

Adapun saat itu, partai NasDem  mengusulkan Jacky Uly dengan berkoalisi dengan Partai Golkar. Dalam rencananya waktu itu, mereka akan mengambil seorang kader Golkar Melki Laka Lena untuk mendampingi Jacky Uly dalam pertarungan Pilgub NTT.*

COMMENTS