Ditawari 600 Juta, Pria Ini Tak Rela Burungnya Dibeli Jokowi

Ditawari 600 Juta, Pria Ini Tak Rela Burungnya Dibeli Jokowi

Namun sayangnya,  pria tersebut enggan melepas burung murai kesayangannya itu. Pria tersebut hanya bersedia berbagi kisah tentang awal mula memelihara burung murai kesayangannya itu. (Foto: Muhammad Nur Alamsyah - Kumparan)

JAKARTA, dawainusa.com – Jokowi tampaknya tertarik dengan seekor burung murai milik seorang Pria asal Brebes bernama Muhammad Nur Alamsyah. Saking terpananya sang Presiden dengan seekor burung tersebut sampai-sampai ia mau membelinya dengan menawarkan harga sebesar Rp 600 juta.

Namun sayangnya,  pria tersebut enggan melepas burung murai kesayangannya itu. Sebagaimana diberitakan Merdeka.com, Jumat (16/3), pria tersebut hanya bersedia berbagi kisah tentang awal mula memelihara burung murai kesayangannya itu.

Dia mengatakan membeli burung murai berwarna hitam coklat keemasan itu dari seseorang di Jakarta pada 2016 lalu. “Saya beli burung murai itu Rp 250 juta, rencananya memang akan digunakan untuk berbagai macam lomba,” katanya.

Baca juga: Tolak UU MD3, PMKRI DKI Jakarta Lakukan Judicial Review

Dede mengungkapkan, murai piaraannya dibeli seharga sebuah mobil SUV. Itu berarti berkisar di atas 200 juta. Meski begitu ia tak mempersoalkan karena menilai sepadan dengan kualitas burung yang ia beli itu.

Adapun sebelumnya burung murai Alamsyah itu memenangkan lomba kicau mania tingkat nasional piala Presiden pada Minggu, 911/3) kemarin.

Pada perlombaan itu, Alamsyah mendapatkan dua gelar sekaligus termasuk mengalahkan burung piaraan Jokowi. Karena itu pulalah Jokowi bersedia meregoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan burung tersebut.

“Dari empat kelas yang saya ikuti di piala Presiden, saya menang dua, yakni kelas murai batu radja dan murai batu B dan R,” ungkapnya.

Kini dua piala didapatkan Dede yang diberikan langsung oleh Jokowi menghiasi meja besar di belakang rumahnya.

“Sebelum ini saya ikut lomba di Monas, Jakarta. Juara juga,” katanya dengan menunjukkan piala lain berbentuk monas berwarna kuning keemasan.

Keinginan Jokowi untuk Beli Seekor Burung Murai

Keinginan Jokowi untuk membeli burung muari milik Dede berawal ketika mengikuti lomba kicau burung di Kebun Raya Bogor. Namun dalam kesempatan itu burung murai batu miliknya belum berhasil menjadi pemenang.

Usai perlombaan Jokowi mengatakan ia sempat menawar burung murai batu yang menjadi pemenang dalam lomba itu milik Dede Alamsyah asal Brebes Jawa Tengah.

“Yang menang mau saya beli, sudah saya tawar tapi pemilik bilang enggak dijual,” kata Jokowi.

Baca juga: Ini Alasan Keluarga Milka Tolak 2000 Ringgit dari Agen di Malaysia

Jokowi pun mengapresiasi pelaksaan lomba ini dan keberadaan penangkaran burung yang ada di Indonesia.

“Saya sangat menghargai banyaknya penangkaran burung di berbagai daerah saat ini, mulai dari penangkaran murai, kolibri dan jalak. Penangkaran ini selain memberi ruang bagi penghobi burung juga bisa menjaga spesies-spesies itu dari kepunahan,” tutupnya.

Burung-Burung Jagoan Dede yang Lain

Dede pada kesempatan yang sama mengatakan, saat ini selain seekor muri,  ia juga memelihara 40 ekor burung dari berbagi jenis. Ada burung Jalak, Anis, branjangan dan lainya. “Kalau burung Jalak saya punya lebih dari 10 ekor,” katanya.

Dari puluhan burung yang dia miliki, hanya ada dua burung yang benar-benar mendapat sentuhan langsung darinya, yakni burung Anis dam Murai Batu. Dua burung itu yang sering diikutkan lomba di berbagai ajang kicau mania.

Baca juga: HTI Dukung PBB: Syariat Islam Ditegakkan, Rezim Jokowi Harus Diganti

“Kalau (burung) yang lain ada orang yang merawat sendiri. Yang saya amati dan rawat sendiri dua burung itu,” jelasnya.

Menurut dia, perawatan untuk jenis burung murai lebih mudah dibanding anis. Pasalnya burung anis lebih sensitif karena ada proses pergantian bulu setiap tahunnya.

“Makanya butuh kesabaran dan kelatenan,” ucap dia.*

COMMENTS