Cara Jitu Atasi Rasa Bosan Saat Menjalani LDR

Cara Jitu Atasi Rasa Bosan Saat Menjalani LDR

Pasangan LDR biasanya akan menghadapi tantangan yang cukup sulit dalam menjalin hubungannya. Biasanya, banyak hal yang akan mereka rasakan, seperti rasa bosan, jenuh, dan berbagai hal lainnya. Apalagi kalau rindu sudah mulai melanda hatinya. (Ilustrasi LDR - rula.co.id)

RELATIONSHIP, dawainusa.com Hubungan percintaan memang bukanlah hal yang gampang. Apalagi kalau hal itu dijalani oleh dua pasangan yang berada dalam jarak yang jauh atau biasa disebut Long Distance Relationship (LDR).

Cinta itu tidak lahir begitu saja, meskipun kadang-kadang hal seperti itu juga dapat terjadi. Akan tetapi, untuk memperkuat hubungan cinta, banyak usaha yang mesti dilakukan.

Pasangan LDR biasanya akan menghadapi tantangan yang cukup sulit dalam menjalin hubungannya. Biasanya, banyak hal yang akan mereka rasakan, seperti rasa bosan, jenuh, dan berbagai hal lainnya. Apalagi kalau rindu sudah mulai melanda hatinya.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Agar Suami Tak Main Mata dengan Cewek Lain

Beberapa tips berikut bisa dilakukan oleh pasangan LDR.

1. Mencari Sumber Kebosanan

Bertemu secara langsung atau tatap muka merupakan idaman setiap orang ketika menjalin hubungan. Apalagi kalau yang bersangkutan sedang menjali hubungan jarak jauh (LDR). Hal ini bisa membuat setiap pasangan merasakan kedekatan serta memperkuat hubungan di antara keduanya.

Orang yang menjalani hubungan jarak jauh sudah pasti menginginkan hal ini. Dengan bantuan teknologi saat ini, kerinduan memang dapat diatasi, misalnya dengan melakukan video call.


Akan tetapi, cara seperti itu tetap akan terasa lebih berbeda ketika seseorang bertemu langsung. Inilah salah satu tantangan dari hubungan jarak jauh. Ketika berada dalam situasi seperti ini, orang akan selalu menghadapi rasa bosan, bahkan tidak jarang ingin melepaskan pasangannya yang jauh.

Tetapi jangan terburu-buru. Ketika kamu dalam situasi seperti ini, sebaiknya kamu harus pandai dengan mencari sebab dari rasa bosanmu itu. Dengan menemukan alasannya, kamu bisa mengatasi perasaan bosanmu.

2. Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Kalau kamu mengetahui rasa bosanmu karena merasa sendirian dan kesepian, sebaiknya kamu harus mencari kesibukan tertentu. Hal seperti ini dapat dilakukan misalnya dengan berolah raga, membaca buku, atau kegiatan-kegiatan lainnya.

Dengan mencari kesibukan, pikiran kamu akan tenang apalagi kalau kamu menikmati kesibukanmu. Sebab, rasa sepi sering kali muncul ketika seseorang tidak melakukan kegiatan apapun. Beranilah memanfaatkan waktu kosong selain untuk mengusir kesepian juga untuk meningkatkan kualitas dirimu.

3. Komunikasi yang Intens

Salah satu hal penting dalam menjalin relasi dengan lawan jenis ialah komunikasi. Intensitas komunikasi cukup memengaruhi kualitas hubungan seseorang dengan pasangannya. Komunikasi menjadi paling penting ketika hubungan itu dimiliki oleh pasangan yang LDR.

Kalau kamu dalam posisi ini, sebaiknya kamu harus maksimalkan komunikasi dengan pasanganmu. Hal ini dapat kamu lakukan misalnya dengan sering chatting lewat skype, facebook, twitter.

Kamu juga bisa melakukannya dengan bermain-main dengan emotico lucu di plurk. Percayalah, dengan hal-hal seperti ini, benih-benih cinta di antara kamu denga pasanganmu itu akan bertumbuh dan terpelihara.

4. Memperbaharui Hubungan

Dalam hal apapun, setiap orang pasti akan sampai pada titik kebosanan. Kebosanan bisa dibilang sebagai hal yang wajar dalam diri seorang manusia. Begitu juga ketika kamu menjalin hubungan dengan orang lain. Akan tetapi, itu tidak berarti bahwa kamu tidak melakukan apa-apa. Yang lebih utama dari itu ialah soal cara kamu mengatasinya.


Rasa bosan itu sendiri sering datang ketika kamu setiap hari selalu berhadapan dengan rutinitas yang itu-itu saja. Kalau sudah seperti ini, salah satu cara yang dapat kamu lakukan ialah pembaharuan. Pembaharuan ini berguna agar kamu tidak selalu melihat sesuatu secara monoton. Usahakan dirimu menjadi orang yang kreatif.

Cara seperti ini juga dapat dilakukan ketika kamu sedang dirundung rasa bosan dalam hal percintaan (LDR). Usahakan kamu harus mencari hal-hal yang baru ketika kamu berkomunikasi lewat telepon dengan pasanganmu. Hal ini juga berarti kamu harus memiliki banyak informasi dan pengetahuan baru. Pengetahuan dan informasi bisa menjadi modal bagimu untuk semakin menjalin kedekatan dengan pasanganmu.

5. Berpikir Positif

Setiap hubungan akan selalu bertahan ketika seseorang menanamkan sikap positif kepada pasangannya. Hal ini juga berlaku ketika kamu menjalin LDR dengan pasanganmu.

Kamu harus menanggalkan segala kecurigaan terhadap pasanganmu, sebab hal seperti itu hanya akan melunturkan kepercayaan dan cintamu kepadanya. Beranilah berpikir positif terkait hubunganmu dengan pasanganmu.

Berpikir positif berarti menanamkan sikap percaya dan rasa hormat kepada pasangan. Kalau kamu melakukan hal ini, yakinlah hubungan kalian tidak akan lekang oleh waktu dan tidak termakan oleh jarak.

6. Berikan Kejutan

Semua orang pasti merindukan sebuah kejutan. Dengan kejutan, seseorang akan merasa dirinya dihargai serta dipandang spesial. Begitu pula dalam hal asmara.

Sebuah kejutan sangat penting entah itu kecil atau besar. Kejutan dapat menyegarkan kembali hubungan asmara kamu dengan pasanganmu. Kamu dapat memberi kejutan pada pasangan di tengah-tengah aktivitasnya. Misalkan kamu mengirimkan makan siang ke kantornya atau mengirim pesan singkat yang berisi kata-kata mesra.

Hal seperti ini akan membuat pasanganmu kembali jatuh cinta seperti pertama kalinya. Walaupun kamu dan dia berada terpisah jarak, namun kamu masih bisa memberinya kejutan dengan cara-cara yang sederhana.

7. Berhenti Memborbardir Dengan Pesan Singkat

Ketika merasa bosan, seringkali seseorang ingin ditemani oleh pasangannya. Untuk para pejuang jarak jauh, hal tersebut tidak mudah. Mengirim pesan singkat yang panjang mengenai bagaimana perasaanmu serta betapa kesal dan bosannya dirimu merupakan ide yang buruk untuk sebuah hubungan jarak jauh.

Disana mungkin saja dia juga kesal atau merasa bosan. Pria lebih tak dapat mengungkapkan perasaannya, dia mungkin akan lebih diam serta tak meresponmu. Bila sudah begitu, pasti kamu akan lebih kesal dan bosan karena merasa tak ditanggapi.


Sama seperti hubungan tatap muka, sebaiknya masing-masing dari kalian memberikan waktu serta ruang untuk menelaah masalah yang menyebabkan pertengkaran ketika LDR. Umumnya, setelah tenang serta bisa berpikir jernih, kamu akan menyadari kalau semua ini hanya suatu kesalahan sepele serta miskomunikasi.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu dan pasangan lakukan ketika sedang merasakan bosan saat menjalani hubungan jarak jauh. Ketika menjalani hubungan jarak jauh, kamu dan pasangan harus sama-sama kuat untuk bertahan dalam situasi apapun, salah satunya situasi yang menjadikan kamu ataupun pasangan merasa bosan.

8. Bicaralah dari Hati ke Hati

Ketika menjalin hubungan, bicara dari hati ke hati merupakan suatu tuntutan yang penting. Apalagi kalau hubungan itu dijalin jarak yang jauh. Ketika kamu berkomunikasi dengan pasanganmu, sebaiknya kamu harus mengungkapkan sejujur-jujurnya tentang perasaanmu kepadanya. Misalnya, soal apa saja yang membuat kami tertarik dan suka darinya mulai dari hal-hal kecil hingga yang besar.

Kejujuran mengungkapkan hal seperti itu akan melahirkan kebanggaan dari pasanganmu. Ia akan merasa dihargai dan diperhatikan, sebab kamu begitu memerhatikan hal-hal detail dari dirinya. Dengan begitu, Ia tak henti-hentinya menyanyangi dirimu bahkan akan menaruh sikap hormat kepadamu.

Setelah itu, kamu juga bisa memberikan kritikan kepada pasanganmu itu. Tapi ingat, berikan kritikan dengan baik dan sopan. Usahakan dilakukan dengan komunikasi yang baik. Sehingga Ia bisa menerimanya. Kalau kamu melakukan hal demikian, pasanganmu akan percaya bahwa kamu mencintainya dengan kepedulianmu itu padanya.

9. Buat Agenda Untuk Bertemu

Kalau ada kesempatan, usahakan kamu harus membuat jadwal tertentu untuk bertemu langsung dengan pasanganmu. Pasang jarak jauh juga mesti dihidupi dengan pertemuan langsung.


Untuk jadwalnya, kamu bisa mengaturnya sendiri, entah itu sebulan sekali dua bulan sekali, atau tiga bulan sekali. Itu tergantung kesepakatan kamu dengan pasanganmu.

Rencanakan waktu pertemuan kalian itu, dan usahakan manfaatin waktu itu sebaik mungkin, setidaknya pertemuan itu dapat mengobati kerinduan kalian berdua dan membaharui rasa cinta kalian.

10. Take and Give

Cinta itu soal memberi dan menerima. Hal ini juga sangat penting bagi kalian yang sedang berhubungan jarak jauh. Ketika dalam hubungan seperti ini, alahkah baiknya apabila kamu sesekali berinisiatif untuk menyisihkan waktumu bertemu dengan kekasihmu.

Coba sesekali kamu harus rela berkorban untuk pasanganmu misalnya dengan memanfaatkan isi dompetmu untuk mengunjunginya bila perlu mengajak dia berliburan.

Cinta butuh pengorbanan juga, bukan? Dengan cara seperti ini, kamu akan mendapatkan cinta yang luar biasa dari kekasihmu. Ia akan merasa bahwa kamu sangat menghargainya. Bukankah ada orang yang percaya, semakin kita memberi, maka banyk hal yang juga kita dapatkan? So, jangan pernah takut berkorban untuk pasangan yang kamu cintai.*