Anggota Dewan Minta Ketua DPRD Manggarai Diganti

Anggota Dewan Minta Ketua DPRD Manggarai Diganti

Soe mengatakan, pergantian ketua DPRD Manggarai harus dilakukan karena banyak tugas yang tidak berjalan dengan optimal. (Foto: Kantor DPRD Manggarai - Elvis Yunani/Dawainusa)

RUTENG, dawainusa.com Dinilai tidak menjalankan tugas dengan optimal, Ketua DPRD Manggarai, Nusa Tenggarai Timur, Kornelis Madur disarankan untuk segera diganti.

Demikian disampaikan oleh anggota DPRD dari Partai NasDem Flavianus Soe saat ditemui di gedung DPRD Manggarai, Selasa (5/6) .

Kepada Dawai Nusa, Soe mengatakan, pergantian ketua DPRD Manggarai harus dilakukan karena banyak tugas yang tidak berjalan dengan optimal.

Baca juga: Mewujudkan Manggarai Sebagai Surga Kopi Dunia

“Selama ini yang bersangkutan (Ketuan DPRD) sudah tidak menjalankan fungsinya dengan baik, pimpin sidang selalu diambil alih oleh unsur pimpinan lain seperti wakil ketua, padahal tugas ini harus dilakukan bersama,” jelas Soe.

Demi Kelancaran di Dewan

Lebih lanjut, Politisi Partai NasDem itu mengatakan, pergantian ketua DPRD juga dimaksudkan untuk kelancaran kegiatan di gedung wakil rakyat itu.

Menurut dia, selama ini jika unsur pimpinan selain ketua tidak ada ditempat maka semua kelancaran urusan di dewan menjadi terhambat.

Baca juga: Mewujudkan Manggarai Sebagai Surga Kopi Dunia

“Ini ada kaitannya dengan pengaturan kelancaran di dewan, karena kondisi seperti ini selama ini biasanya kalau unsur pimpinan lain selain ketua sedang keluar, maka banyak urusan jadi terhambat,” katanya.

“Yang repot, hak tetap dipungut tapi kewajibannya tidak jalan,” sambung Soe.

Dia juga mengaku, saran pergantian ketua DPRD Manggarai bebas dari kepentingan politik. “Tidak ada tendensi politik, toh yang akan gantikan beliau adalah rekan dari Partainya sendiri,” pungkasnya.

Desak Paripurna Istimewa, Gerindra Harus Tegas

Sementara itu Anggota Dewan lain dari PKS, Marsel Ahang mendesak secepatnya dilakukan paripurna istimewa dan meminta Ketua DPRD mengundurkan diri.

“Harus secepatnya ada paripurna untuk desak mundur ketua DPRD ini,” tegas Ahang.

Baca juga: Bupati Deno: Mari Beri Tempat Terhormat untuk Petani

Pengaturan terkait pergantian Ketua DPRD, kata dia, diatur dalam tata tertib (tatib) anggota DPRD dan juga tercantum dalam PP NO 12 Tahun 2018. “Pergantian ketua DPRD kan diatur dalam tatib, PP NO 18 juga mengatur itu,” jelasnya.

Dia juga meminta Pimpinan DPRD segera surati Gubernur NTT Frans Leburaya agar proses pergantian ketua DPRD Manggarai bisa dilakukan secepatnya.

Selain itu, politisi PKS ini meminta Partai Gerindra harus bertindak tegas. Menurut dia, Gerindra sebagai partai asal Kornelis Madur harus segera ambil sikap atas desakan dewan ini.

“Gerindra harus tegas. Mereka harus usulkan kader untuk gantikan Ketua DPRD yang sekarang,” tegasnya.

Hingga berita ini diturunkan, Dawai Nusa belum berhasil mengonfirmasi ketua DPRD Manggarai Kornelis Madur di ruang kerjanya.

“Beliau belum datang, mungkin tidak masuk,” kata salah seorang Staf Sekeretaris Dewan (SEKWAN) saat ditanya soal keberadaan ketua DPRD.* (Elvys Yunani)

COMMENTS