Ada Makhluk Halus di Balai Kota, Ini Kata Sandiaga Uno

Ada Makhluk Halus di Balai Kota, Ini Kata Sandiaga Uno

Sandiaga Uno mengatakan, beredarnya kabar bahwa ada makhluk halus (hantu) di Balai Kota DKI Jakarta saat pelantikan Wali Kota adalah hoax. Foto: Sandiaga Uno - ist)

JAKARTA, dawainusa.com Pada Kamis, (5/7) kemarin, beredar kabar bahwa ada makhluk halus (hantu) di Balai Kota DKI Jakarta saat pelantikan Wali Kota. Wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno angkat bicara soal itu. Sandiaga mengatkan bahwa itu merupakan berita bohong (hoaks).

Namun meski begitu, Sandiaga membenarkan memang Balai Kota memiliki penunggu berupa sosok noni Belanda yang ramah. “Saya sudah tinggal delapan bulan di sana, aman-aman saja, dan makhluk halusnya noni Belanda yang sangat ramah sama saya,” tutur Sandi.

Diketahui, dalam foto yang viral di media sosial, tampak ada wajah wanita di belakang sebelah kanan Wali Kota Jakarta Pusat yang sedang dilantik, Bayu Meghantara. Sosok wanita itulah disangka menyerupai hantu.

Baca juga : Sandiaga Curiga Video Intimidasi dari Massa #2019GantiPresiden Hoaks

Wajah wanita itu terlihat berwarna putih, berbeda dengan wajah-wajah lain yang hadir dalam acara pelantikan wali  kota tersebut. Rambutnya tak berwarna hitam, melainkan agak kebiru-biruan.

Sandiaga sendiri memang mengaku keberadaan foto itu, tetapi ia menengaskan itu bukan hantu sebagaimana diberitakan sejumlah media sosial.

“Oh ya. Saya lihat itu belakangnya Pak Bayu, ya. Ngeri banget, ya. Itu hoax kayaknya deh, photoshop. Hoax. Saya nyatakan itu hoax,” kata Sandiaga.

Seorang pengguna akun facebook berinisial AUU, yang mengunggah foto itu, kemudian mengait-ngaitkan hal itu dengan hal mistis. Foto ini juga menyebar di percakapan WhatsApp.

Setelah ditelusuri, diketahui sosok dalam foto tersebut bernama Nuraini Silviana. Silvi merupakan Kepala Suku Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Jakarta Barat.

“Itu ibu (saya), muka ibu dibuat (edit) hitam, sedangkan kerudung dibuat rambut,” kata Silvi, dalam pesan singkat, Jumat (6/7).

Silvi terkejut saat orang ramai-ramai membicarakan foto itu. Teman-teman Silvi, yang kebetulan ada di lokasi, mengirim foto yang viral itu. “Itu foto bikin heboh di grup-grup WhatsApp. Ibu kayak terkenal,” kata Silvi.

Silvi merasa fotonya telah diedit. Dia tidak tahu pengedit foto tersebut dan tidak menaruh dendam. “Kalau dia punya hati yang baik, pasti akan datang,” ucap Silvi.

Hantu di Balai Kota

Foto yang viral saat pelantikan walikota Jakarta (Foto: detik.com)

Dibenarkan Petugas Kebersihan

Sosok Makhluk halus yang ada di Balai Kota DKI dibenarkan oleh Petugas kebersihan yang bertugas di sana. Petugas kebersihan itu bahkan menceritakan mengenai hal-hal mistis yang beberapa kali terjadi di tempat ia bekerja.

Pegawai yang enggan disebutkan namanya itu mengaku pernah ditemani tidur oleh sesosok yang diduga makhluk halus saat menginap di Balai Kota ketika sedang bertugas. Menurutnya, dia yang saat itu memutuskan untuk menginap di Balai Kota tidur sendiri di sebuah ruangan.

Baca juga: Sandiaga Uno Soal Prabowo yang Telanjang Dada

“Saya tidur berbalik ngeliatnya mah temen, besok paginya baru ngeh temen saya itu pulang,” katanya di Jakarta, Jumat (6/7). Dirinya mengaku saat itu hanya mengetahui temannya yang berada di sebelahnya saat tidur di sebuah ruangan di Balai Kota.

Namun ketika pagi terbangun, dirinya baru sadar bahwa ternyata rekannya itu semalam tak ikut menginap. “Berati lagi mau nemenin,” katanya.

Salah satu rekannya juga menceritakan hal serupa. Dikatakannya, beberapa event organizer yang pernah menginap di Balai Kota beberapa kali bercerita telah melihat sosok wanita cantik yang diduga hantu di  Balai Kota.

“Aku sih suka denger doang, kaya Event Organizer (EO), karena kan mereka suka (disini) sampe malem, atau nginep. Kalau saya cuma denger aja. Aslinya gak pernah (lihat),” ujarnya.

Menurutnya, sosok yang sering kali diceritakan oleh pengunjung, merupakan wanita cantik yang terlihat seperti nona asal Belanda. “Sama (semua) ceritanya sih. Kalau ada yang bilang noni-noni Belanda, ya sama sih kayak gitu (semua cerita),” ungkapnya.

Makhluk Halus di Balai Kota Surabaya

Isu soal makhluk halus di Balai Kota bukan hanya terjadi di DKI Jakarta. Sebelumnya, isu yang sama pernah terjadi di Balai Kota Surabaya. Diketahui, Gedung Balai Kota Surabaya merupakan gedung tua yang dibangun sejak era kolonial Belanda.

Layaknya bangunan yang sudah tua, maka beragam cerita horor pun juga ikut mewarnai gedung tersebut. Bahkan, Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini mengaku pernah mengalami kejadian horor di tempat itu. Menurutnya, di gedung itu memang sering muncul penampakan hantu.

“Penampakannya itu berupa hantu noni-noni Belanda,” kata Risma di Surabaya, Juni 2016 lalu.

Baca juga: Pilpres 2019: Panggung Besar Gerindra untuk Sandiaga Uno

Oleh karena itu, awal-awal menjadi Wali Kota Surabaya, yaitu pada tahun 2010, Risma sempat ketakutan. Sebab, hantu tersebut sering menakut-nakutinya dengan suara seperti orang mengetuk pintu, atau menyanyi dengan bahasa Belanda.

Tidak hanya itu, kadang-kadang telepon seluler milik Risma bisa bergetar sendiri. Padahal, saat itu sama sekali tidak ada telepon, maupun pesan singkat yang masuk.

Namun, keberanian Risma menghadapi hantu itu muncul setelah diingatkan anak keduanya. Saat itu, Risma diminta agar jangan takut menghadapi hantu.

“Dia bilang, Mama jangan takut sama hantu. Akhirnya saya mikir kenapa harus takut. Lalu saya bilang, kamu jangan ganggu aku, aku di sini punya SK (Surat Keputusan),” kata Risma.

Sejak saat itu, hantu itu pun dirasa Risma sudah tidak lagi menganggunya. “Tapi kata ajudan saya, dia pindah ke sebelah ruangannya. Cara nakut-nautinya juga sama, pakai ketok-ketok tembok, atau nyanyi-nyanyi bahasa Belanda,” ujar Risma.

“Makanya, waktu itu saya tidak pernah pulang setelah maghrib, pasti sebelumnya,” ujar Risma.*

COMMENTS